Bakar Daun Salam, Efeknya Luar Biasa Untuk Kesehatan Manusia

Daun Salam dibakar ( Gambar Ilustrasi )

Faktadetail.com – Umumnya orang mengetahui bahwa Daun salam adalah salah satu bumbu masakan yang populer.

Daun Salam digunakan dalam berbagai masakan di banyak budaya di dunia, termasuk di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Dengan aroma yang khas dan rasa yang unik, Daun Salam serasa mampu menyempurnakan hidangan.

Daun Salam Juga memiliki sifat penyedap alami yang meningkatkan cita rasa makanan tanpa perlu tambahan kimia. Biasanya ini digunakan dalam bentuk daun segar ataupun kering utuh.

Tak hanya untuk kuliner, daun salam juga dipakai secara luas dalam dunia kesehatan karena kandungan nutrisinya.

Mulai dari senyawa aktif, vitamin, mineral, hingga antioksidan yang bermanfaat baik untuk kesehatan. Itu semua bisa dimanfaatkan dengan cara mengonsumsinya langsung sebagai bumbu masakan lauk pauk atau menghirup asapnya.

Menghirup asapnya ? Apa tidaka Aneh ? Nah, Anda bisa membakar daun salam untuk mendapatkan manfaat kesehatan.

Dilansir dari AsianetNews dan Tiphero serta Sajian Sedap.com, berikut ini manfaat membakar daun salam untuk kesehatan dan lingkungan rumah. Jika anda tertarik dan mau untuk mencobanya, berikut manfaatnya :

  1. Meredakan Kecemasan

Pembakaran daun salam telah digunakan sebagai cara untuk menghilangkan stres selama berabad-abad.

Kombinasi bahan kimia (khususnya bahan kimia linalool) dalam daun menciptakan asap yang ketika dihirup dapat menenangkan tubuh dan pikiran.

Orang yang membakar daun salam secara teratur mencatat bahwa asapnya dapat menenangkan tubuh.

American Association of Nurse Anesthetists telah melakukan penelitiannya,  menemukan linalool sangat mengurangi kecemasan dan juga meningkatkan interaksi sosial.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa subjek merasakan efek daun dalam waktu kurang dari 10 menit setelah menghirup asap.

  1. Mengurangi Kelelahan

Bila anda merasa lelah? Bakar beberapa Daun Salam dan lihat bagaimana ini mengatasi rasa kelelahan.

Beberapa bahan kimia dalam daun salam seperti pinene, cineol, dan elemicin melawan rasa lelah dan memberikan dorongan energi yang menyenangkan bagi mereka yang menghirup asapnya.

  1. Meningkatkan konsentrasi saat Meditasi

Orang yang berlatih meditasi dan merasa sulit untuk berkonsentrasi, maka alih-alih dupa, cobalah membakar beberapa lembar daun salam. Sudah membantu mengurangi kelelahan dan menjaga pikiran tetap waspada dan tenang. Di banyak tempat keagamaan, daun salam dibakar untuk mendorong meditasi kesadaran.

  1. Membasmi hama di dalam rumah

Kecoak, ngengat, dan banyak serangga lain menganggap asapnya sebagai penolak.

Sehingga membakar daun salam sebenarnya dapat bertindak sebagai penolak serangga yang ampuh.

Cara Menyimpan Daun Salam di Rumah

Daun Salam segar dapat disimpan di kulkas. Namun taruhlah daun salam dalam plastik zip lock supaya kesegerannya tidak berkurang.

Dengan menyimpannya di kulkas, daun salam akan bertahan hingga satu sampai dua minggu. Dengan catatan suhu kulkas tetap stabil.

Selain menaruh daun salam di plastik zip lock, kamu juga dapat membungkusnya dengan aluminium foil. Pastikan daun salam sudah benar-benar kering sebelum dibungkus agar tidak mudah busuk. Setelah itu barulah simpan daun salam di dalam kulkas.

Bisa juga mengeringkan Daun Salam secara alami dengan meletakkan di ruangan yang kering dan memiliki kelembapan udara rendah. Pastikan ruangan juga berventilasi supaya daun salam tidak lembap dan membusuk.

Tidak dianjurkan pula mengeringkan daun salam di bawah sinar matahari karena dapat membuatnya aroma dan kehilangan aroma serta rasanya

Daun Salam ( Gambar Ilustrasi )

 Efek 10 Menit Bakar Daun Salam

Akan banyak khasiat yang akan kita dapatkan cuma dengan bakar daun salam selama 10 menit ini. Berikut ini beberapa manfaat yang akan kita dapatkan kalau mau bakar daun salam di kamar / ruangan :

  1. Memberikan efek menenangkan

Manfaat hirup aroma daun salam yang dibakar

Daun Salam kering memiliki efek menenangkan karena kandungan linalool atau minyak esensial di dalamnya. Cukup 10 menit saja maka minyak esensial dari daun salam yang terbakar bisa langsung memberikan efek menenangkan.

  1. Melegakan pernapasan

Jika memiliki keluhan dengan flu atau pilek, cara simple ini bisa kamu coba di rumah. MemilihAaromaterapi dari Daun Salam yang dibakar mampu mengatasi masalah pernapasan hingga membunuh bakteri. Daun ini memiliki efek merelaksasi pikiran yang dapat mengurangi peradangan pada pernapasan.

  1. Jantung lebih sehat

Asam kafeat yang terdapat pada Daun Salam jelas dapat meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu antioksidan pada daun salam juga ampuh untuk membantu melawan peradangan.

Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk membakar daun salam ;

Siapkan semua bahan terlebih dahulu

  1. 3 lembar daun salam,
  2. wadah untuk membakar
  3. dan korek.

Masukkan semua daun salam ke dalam wadah/mangkuk.

Pilih lokasi pembakaran yang aman agar pembakaran tidak merembet ke yang lain yang mudah terbakar. Tentunya jauh dari jangkauan anak anak di rumah.

Bisa langsung membakar daun salam tersebut dengan menggunakan korek api.

Siap siaplah dengan berbaring atau duduk santai di kursi atau sofa dekat dengan pembakaran daun salam.

Aromaterapi yang dihasilkan oleh daun salam itulah yang nantinya memberikan dampak positif pada tubuh. Selamat mencoba, semoga bermanfaat selalu sehat walafiat.

Pos terkait