Rahasia Hidup Sehat Santapan Tempe.

Terdapat 9 Asam Amino Esensial yang terkandung dalam Tempe. Asam Amino tersebut dibutuhkan tubuh untuk kesehatan Tulang dan Otot. 

Faktadetail.com | Saat ini,  banyak masyarakat mulai memilih untuk menjalani gaya hidup sehat. Salah satu gaya hidup sehat seringkali dilakukan pada saat sekarang ini adalah menjaga pola makan. Ada juga menjadi seorang Vegetarian, terkadang dilakukan sebagai sebuah pilihan untuk mempertahankan hidup sehat.

Bacaan Lainnya

Vegetarian adalah gaya hidup sehat yang dilakukan dengan menerapkan pola makan sehat tanpa mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan. Selama ini, ketergantungan masyarakat terhadap konsumsi makan dari  Daging ( daging sapi, daging kambing, daging ungags), dan makanan laut, seperti ikan dan kerang-kerangan sangat tinggi.  

Orang yang konsisten untuk menerapkan gaya hidup Vegetarian, biasanya dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, seperti gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, buah, dan juga jamur. 

Gaya hidup yang terus memperjuangkan kesehatan untuk menyeimbangkan kondisi badan  dengan berbagai keinginan akan beragam kuliner yang  berlebihan agar terhindar dari serangan beragam penyakit seperti Kanker, Kolesterol, atau Penyakit Jantung. 

 VEGETARIAN

Gaya hidup sehat ala Vegetarian belum banyak dikenal masyarakat. Dari 275 juta penduduk Indonesia, diperkirakan hanya  2 juta  yang aktif menjalani Gaya Hidup Vegetarian atau kurang dari 1 persen. Banyak  anggapan yang muncul di masyarakat bahwa gaya hidup Vegetarian tidak dikenal karena :

ketidaktahuan,

keterbatasan Variasi makanan,

dan belum dikenalnya gaya hidup vegetarian. 

Menjadi orang yang konsisten dengan gaya hidup seperti Vegetarian memang dibutuhkan komitmen. Tanpa komitmen pasti akan muncul beragam godaan dan selalu mengembalikan  ke gaya hidup biasa. Apalagi variasi makanan  sangat terbatas. 

Menjadi vegetarian bukan hanya dalam rangka menjaga berat badan, tetapi juga bermanfaat untuk :  

menjaga kesehatan jantung,

meningkatkan kesehatan pencernaan,

menjaga berat badan,

menjaga kesehatan mental

dan menjaga kesehatan psikis.

Oleh karena itulah, hidup dengan gaya hidup Vegertarian akan selalu berdampak terhadap semakin baiknya kualitas kesehatan . 

Gaya hidup Vegetarian  memang sangat  berdampak terhadap kesehatan seseorang, tetapi untuk mengikuti gaya hidup  ini  beragam masalah harus dihadapi,  misalnya, pilihan makanan berkualitas sangat rendah, kebutuhan protein tidak dapat terpenuhi, kebutuhan gizi terkadang tidak terpenuhi. Karena keterbatasan jenis makanan menyebabkan pola hidup ini terkadang membosankan untuk dilanjutkan.

Banyak  orang menganggap bahwa gaya hidup  seorang Vegan adalah gaya hidup ekslusif, menbatasi diri, dan tidak menghargai beragam makanan yang disajikan.  Tidak semua orang sanggup melakukan. Maka, seseorang yang hidup dalam gaya vegetarian ini terkadang akan mengalami kesulitan dalam interaksi secara sosial. 

TENTANG TEMPE 

Makanan yang  selama ini dianggap paling bermanfaat bagi gaya hidup ini adalah tempe. Tempe merupakan makanan dengan bahan dasar kacang kedelai. Tempe ini biasanya digunakan sebagai alternatif daging.  

Tempe memang merupakan makanan bergizi yang mengandung vitamin B12 dan merupakan sumber protein yang lengkap. Terdapat 9 Asam Amino Esensial yang terkandung dalam Tempe. Asam Amino tersebut dibutuhkan tubuh untuk kesehatan Tulang dan Otot. 

Tempe dibuat dari biji Kedelai dan memanfaatkan bantuan jamur Rhizopus Oligosporus atau Rhizopus Oryzae yang dipercaya tidak mengandung Kolesterol. Mengonsumsi Tempe dianggap sehagai  cara yang baik untuk mendapatkan asupan Vitamin B, Serat, Zat besi, Kalsium, dan Mineral lainnya.  Karena mengandung  beragam Gizi itulah, Tempe sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Tempe memang menjadi makanan idola bukan hanya masyarakat umum, tetapi hampir disukai seluruh masyarakat di Indonesia. Namun, menyantap makanan dengan jenis sama setiap hari memang akan terasa membosankan. Untuk itulah, penikmat  Vegetarian biasanya akan disarankan untuk banyak mengonsumsi Brokoli, Bayam, Kentang, Asparagus, Jamur atau Kacang ( kacang-kacangan). 

Yang pasti,Gaya hidup sehat dimulai dengan bagaimana memperlakukan makan untuk mencukupi beragam aktivitas.

Berbagai sumber

Editor  ; Budiman S    Faktadetail.com

Pos terkait