Harumkan Kodam III/Slw : Sertu Agus Rahwan Awalaudin Ciptakan Alat Khitan Laser,Awal Produk Tidak Dilirik Domestik,Sekarang Go International Ekspor ke 62 Negara

Alat Khitan Ciptaan Koptu.Agus Rahwan Awaludin beri penjelasan Kepada Dandim 0615/Kuningan Letkol. Inf. Bambang Kurniawan

Pada awal pemasaran, pasar domestik tidak ada yang melirik. Sehingga Sertu Agus Rahwan Awaludin memasarkannya ke luar negeri, seperti Singapura, Malaysia dan lainnya. “Alhamdulillah, sekarang telah diterima oleh 62 negara di Eropa dan Australia. Tidak sedikit dokter di luar negeri yang mengakui dan mengapresiasi kualitas alat khitan yang mempunyai branding “Cautter Khitan Sonix”.

JAKARTA | Faktadetail.com – Harumkan Kodam III/Siliwangi, Sertu Agus Rahwan Awaludin anggota Kodim 0615/Kuningan, Kodam III/Siliwangi berhasil menciptakan alat khitan laser. Alat Laser ciptaannya pun telah go internasional. Demikian disampaikan Dandim 0615/Kuningan Letkol. Inf. Bambang Kurniawan melalui saluran telepon seluler, Rabu (28/6/2023).

Bacaan Lainnya

Usaha yang dijalani Sertu Agu, berawal pada tahun 2010, pada saat itu sedang membantu seorang dokter dalam proses, untuk melakukan khitan/sunat akan tetapi saat itu alat yang akan digunakan mendapatkan gangguan atau kerusakan.

“Untuk mengatasi kesulitan itu, Sertu Agus mencoba ikut membongkar untuk memperbaiki alat khitan buatan luar negeri tersebut. Alhamdulillah bisa diperbaiki dan hingga hari ini alat tersebut dapat dipergunakan lagi,” ucap Dandim.

Memang, sambung Dandim Letkol. Inf. Bambang Kurniawan, bahwa Sertu Agus memiliki keahlian dari sebelumnya dan orangnya kreatif dan berdedikasi tinggi. Sehingga dengan bermodal dari pengalaman memperbaiki alat Khitan milik dokter, ia mencoba memodifikasi dan menciptakan alat khitan laser yang lebih canggih dibandingkan alat sebelumnya.

Dalam proses perjalanan, usahanya Sertu Agus pun tak lepas dari pendampingan Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kabupaten Kuningan.

“Pada awal pemasaran, pasar domestik tidak ada yang melirik. Sehingga Sertu Agus memasarkannya ke luar negeri, seperti Singapura, Malaysia dan lainnya,” jelas Dandim.

“Alhamdulillah alat khitan hasil karya Sertu Agus hingga sekarang telah diterima oleh 62 negara di Eropa dan Australia. Tidak sedikit dokter di luar negeri yang mengakui dan mengapresiasi kualitas alat khitan yang mempunyai branding “Cautter Khitan Sonix” tersebut.

Cautter Khitan Sonix yang merupakan produk lokal asli Kuningan mampu mencuri perhatian beberapa pejabat negara maupun daerah. Mulai dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan RI, Bupati Kuningan, Kepala Diskopdagperin Kabupaten Kuningan.

Dandim 0615/Kuningan sangat mengapresiasi atas upaya dan inovasi yang dilakukan oleh prajuritnya.

“Saya bangga dan terharu serta mengapresiasi karya terbaik dari Sertu Agus. Ini sebagai motivator bagi seluruh prajurit khususnya di Kodim Kuningan,” tutup Dandim. (Dispenad)

Pos terkait