banner 728x250

Kemendikbud : Wisuda TK sampai SMA Itu Opsional

Gambar Ilustrasi Wisuda
banner 120x600
banner 468x60

“Kemendikbud Ristek mengimbau agar pihak sekolah dapat berkomunikasi dan bekerja sama dengan komite sekolah dan persatuan orangtua murid dan guru (POMG)”

JAKARTA | Faktadetail.com – Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Anang Ristanto turut berkomentar soal ramainya polemik wisuda TK hingga SMA.

banner 325x300

Menurutnya kegiatan wisuda mulai dari jenjang pendidikan PAUD/TK, SD, SMP hingga SMA merupakan kegiatan yang bersifat opsional atau dalam kata lain, boleh dilakukan oleh sekolah, boleh juga tidak dilakukan.

Dia menyampaikan dalam Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 menyebutkan bahwa kegiatan bersama antara satuan pendidikan yang melibatkan orang tua murid harus didiskusikan lebih dulu bersama dengan komite sekolah. “Kemendikbud Ristek mengimbau agar pihak sekolah dapat berkomunikasi dan bekerja sama dengan komite sekolah dan persatuan orangtua murid dan guru (POMG),” ujarnya kepada awak media, Kamis, 15 Juni 2023.

Anang menanggapi, hal di atas perlu dilakukan agar menemukan satu pilihan atau solusi terbaik untuk sekolah sekaligus yang tidak membebani orang tua murid.

Sebelumnya diberitakan Wisuda kelulusan dalam jenjang pendidikan TK, SD, SMP hingga SMA tengah jadi sorotan masyarakat, khususnya para orang tua murid belakangan ini. Sejumlah argumen yang muncul menyebutkan bahwa wisuda hanya untuk perguruan tinggi, jika hal ini dilakukan mulai dari jenjang TK sampai SMA maka dikhawatirkan wisuda menjadi kehilangan makna. Bukan cuma itu, penolakan wisuda untuk anak TK hingga SMA ini juga dinilai pemborosan dan sangat membebani para orang tua murid, pasalnya mereka harus mengeluarkan uang tidak sedikit demi terselenggaranya acara tersebut.

Bahkan, tak sedikit para orang tua yang mengeluhkan hal ini langsung kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim melalui akun Instagram resminya. Mereka mendorong Nadiem Makarim selaku pemegang keputusan di dunia pendidikan Tanah Air untuk melarang penyelenggaraan wisuda di sekolah TK hingga SMA.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

30 + = 39