Kemenkumham Wilayah Lampung Copot Sipir Lapas Rajabasa Gegara suka Pamer Moge Harley Davidson Hingga Membangun Rumah Sakit

Bandar Lampung | Faktadetail.com – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Lampung mencopot, membebastugaskan Dhawank Delvi, dari sipir Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Bandar Lampung atau Lapas Rajabasa. Ia dicopot  setelah pamer memiliki motor gede  Harley Davidson hingga membangun Rumah Sakit.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Lampung, Sorta Delima Lumban Tobing mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi adanya sipir Lapas Rajabasa pamer harta kekayaan.

“Sudah kita periksa. Yang bersangkutan juga sudah kami tegur bahwa tidak pantas hal itu dilakukan,” kata Sorta Delima Lumban Tobing, 22/4/2023.

Sorta Delima Lumban Tobing melanjutkan, sipir yang Lapas kelas I Rajabasa kedapatan pamer kekayaan di media sosial tersebut sudah dicopot dan ditarik ke Kantor Kanwil Kemenkumham Lampung.

“Sudah kita kenakan sanksi yakni yang bersangkutan dengan ditarik ke Kanwil Kemenkumham sementara untuk pendalaman pemeriksaan,” katanya.

Menurut Sorta Delima Lumban Tobing, dari hasil keterangan yang bersangkutan bahwa foto-foto yang di posting di media sosial itu sudah lama. Dhawank Delvi sudah bekerja di Lapas Rajabasa selama 12 tahun sejak tahun 2010.

“Kita tarik dia, tidak bertugas di Lapas, agar lebih fokus dalam pembinaan di Kanwil. Kami masih lakukan pemeriksaan untuk pendalaman,” untkap Sorta Delima Lumban Tobing.

Saat ditanya mengenai harta kekayaan milik Dhawank Delvi, sipir Lapas Rajabasa tersebut, Sorta Delima Lumban Tobing menegaskan, bahwa pihaknya akan melakukan pemeriksaan intensif ketika sudah masuk kerja. Mengingat saat ini masih cuti Lebaran.

“Belum bisa kita simpulkan apa-apa. Karena yang bersangkutan baru kita tegur dan dipindahtugaskan,” jelas Kakanwil Kemenkumham Lapung itu.

Sorta Delima Lumban Tobing, mengingatkan bahwa para pegawai ASN Kemenkumham agar tidak pamer harta kekayaan dan memposting yang tidak pantas di media sosial.

“Belum bisa kasih kesimpulan, karena masih pemeriksaan dan ditegur supaya tidak lagi melakukan posting yang tidak pantas di media sosial untuk ASN. Harus punya etika lah,” pungkas Sorta D LB .

Diketahui, Dhawank Delvi, merupakan sipir penjara di Lapas Rajabasa Bandar Lampung. Ia menjadi sorotan karena gaya hidup mewahnya diduga memiliki harta kekayaan fantastis dan fasilitas mewah.

Gaya hidup mewah Dhawank Delvi diunggah lewat akun Twitter @PartaiSocmed yang memperlihatkan dirinya Dhawank Delvi, sedang mengendarai motor Harley-Davidson hingga Motocross.

“Dia adalah Dhawank Delvi, Polsuspas (sipir) Lapas Rajabasa Lampung, pegawai @kumhamlampung. Keren ya harley-nya?” tulis twitter @PartaiSocmed 21/4/2023.

Menurut @PartaiSocmed, dengan gaji sipir penjara yang hanya Rp2 hingga Rp5 juta per bulan, tidak akan cukup untuk membangun sebuah rumah sakit.

“Gaji sipir penjara itu antara 2-5 juta. Mau nabung sampai mati pun tidak akan cukup buat modal bikin Rumah Sakit,” timpal @PartaiSocmed.

Dhawank Delvi dikabarkan pernah pergi umroh dengan pesawat business class. Ia juga diketahui memiliki motor Harley Davidson, rumah dengan kolam renang, dan bahkan sedang membangun rumah sakit.

“Kerennya lagi, bang sipir kita saat ini sedang merintis bisnis baru, yaitu rumah sakit,” beber @PartaiSocmed.

Tak hanya itu, akun tersebut juga memperlihatkan Dhawank Delvi saat berenang di kolam renang rumah mewahnya. “Santai sejenak di rumah bang sipir,” ucap @PartaiSocmed.

Bahkan ada pula video menunjukkan Dhawank bersama istrinya sedang melakukan perjalanan pergi umroh dengan menggunakan pesawat business class.

“Bahkan sipir penjara di Lampung pergi umroh dengan pesawat business class. Belum lagi rumahnya yg ada kolam renangnya. Perlu kita ramaikan?,” beber @PartaiSocmed.

Tim Redaksi

Editor : Budiman S Faktadetail.com

Pos terkait