Mahasiswi Asal Surabaya Berhasil Lulus Dalam Seleksi Beasiswa Sekolah Duta Maritim,Yang Diselenggarakan Aspeksindo

Maria Shevanda Christiani Putriyogatama

“Ada beberapa kategori topik vlog yang harus dibuat, pada saat itu saya memutuskan untuk mengambil topik Potensi Wisata Bahari, yaitu Wisata Perahu Kalimas Taman Prestasi Surabaya. Karena bagi saya wisata yang satu ini adalah iconic Kota Surabaya, di mana wisatawan bisa menikmati derasnya arus sungai dari atas perahu dan juga dapat menikmati kuliner di atas perahu,” (Maria Shevanda Christiani Putriyogatama)

SURABAYA | Faktadetail.com – Mahasiswi Jurusan Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag Surabaya), Maria Shevanda Christiani Putriyogatama mengukir prestasi dengan lolos sebagai salah satu finalis Duta Maritim Indonesia dalam ajang pemilihan Beasiswa Sekolah Duta Maritim Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 – 17 Agustus 2023 di Jakarta.

Bacaan Lainnya

Duta maritim digelar oleh Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) yang pada tahun ini menambahkan kuota siswa menjadi 100 finalis se-Indonesia. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan generasi yang peduli akan isu maritim di Indonesia.

Sebelum lolos sebagai finalis Duta Maritim Indonesia, gadis asal Surabaya yang akrab disapa Sheva harus mengikuti sejumlah tahapan seleksi yang ketat, mulai dari menyiapkan berkas data pribadi, membuat esai dan juga membuat video potensi daerah masing-masing yang mencakup kemaritiman. Tak berhenti sampai disitu, ada pula proses wawancara yang harus dilaksanakan secara online.

“Ada beberapa kategori topik vlog yang harus dibuat, pada saat itu saya memutuskan untuk mengambil topik Potensi Wisata Bahari, yaitu Wisata Perahu Kalimas Taman Prestasi Surabaya. Karena bagi saya wisata yang satu ini adalah iconic Kota Surabaya, di mana wisatawan bisa menikmati derasnya arus sungai dari atas perahu dan juga dapat menikmati kuliner di atas perahu,” kata Sheva dalam keterangannya, Selasa (8/8/23).

Maria Shevanda Christiani Putriyogatama

Ditambahkannya, masih banyak juga masyarakat luar Surabaya yang belum mengetahui wisata ini, jadi dia ingin memperkenalkan sesuatu yang baru untuk masyarakat.

“Saya berharap agar salah satu wisata di Surabaya ini dapat bertahan dan berkembang semakin baik,” kata Sheva, finalis Duta Maritim Indonesia ini.

Bagi Sheva, dapat mewakili Kota Surabaya ke tingkat nasional merupakan suatu kebanggaan tersendiri, terlebih dia mendapatkan dukungan dari Komandan Lantamal V Surabaya, Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono, S.E., M.M.

“Untuk persiapan keberangkatan, saya mendapatkan dukungan penuh dari Bapak Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono, S.E., M.M. dan juga dari Laksamana Muda TNI Gregorius Agung W.D., M.Tr (Han).  Hal ini tentu menjadi suatu kehormatan bagi saya mendapatkan dukungan tersebut dan akan berupaya dengan penuh semangat untuk memberikan yang terbaik bagi Kota Surabaya, khususnya semua pihak yang telah mendukung saya selama ini,” pungkasnya.

Pos terkait