Mahfud MD Heran Kok Disetiap Pemilu Timbul Masalah Primordialisme

“Melalui pintu yang berbeda-beda bisa masuk Istana. Melawan korupsi, agama apa saja sama. Bersama melawan korupsi, melaksanakan pemilu yang baik, buat pemerintahan yang adil”

Jakarta | Faktadetail.com – Menteri Kordinator Politik, Hukum dan Keamanan (  Menko Polhukam ) Prof. Mahfud MD mengaku heran kok pada setiap jelang Pemilu, masalah perbedaan Primordialisme selalu menjadi masalah. Padahal, menurut Mahfud MD, masuk Istana itu bisa lewat jalur mana saja karena Partai bukanlah Agama.

Pengertian Primordialisme menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) adalah pandangan yang memegang teguh hal-hal yang dibawa sejak kecil, baik tradisi, adat istiadat, kepercayaan, maupun segala sesuatu yang ada di dalam lingkungan pertama.

Mahfud MD awalnya mengutip ucapan tokoh Agama Nucholis Madjid yang membahas dalil soal perbedaan dan keberagaman. Meski berbeda-beda ajaran dan kepercayaan yang dianut, seharusnya seluruh umat beragama bisa bersatu dan bekerja sama dengan tetap berpegang pada keimanan masing-masing.

“Ada kalimat dan nilai perjuangan yang sama antara kamu dan saya yang berbeda-beda itu di dalam sebuah negara, tapi tetap berpegang pada keimanan [Kepercayaan/Iman ] Tuhan masing-masing. Setiap Tuhan itu pasti memberikan bimbingan yang baik bagi nurani manusia,” ujar Mahfud MD pada acara halalbihalal ICMI, Jumat (12/5/23).

Contohnya, pada saat Pemilu tiba, tidak ada Pemilu menurut agama tertentu. Meski agamanya berbeda-beda, Pemilu yang dijalankan tetap sama hukumnya, sebut Mahfud MD

Tegasnya Mahfud MD mengatakan “Melawan korupsi, agama apa saja sama. Kita kerja sama di situ. Enggak usah tanya agamanya. ‘Kamu korupsi, kamu Islam, ya sudah saya bebaskan. Kamu kafir, saya hukum.’ Kan tidakbisa begitu. Mau Islam, Hindu, Buddha, Jawa, Bugis, bersama melawan korupsi, melaksanakan pemilu yang baik, buat pemerintahan yang adil,” tegasnya.

Karena itu, lanjut Mahfud MD, merasa heran mengapa saat pemilu perbedaan primordialisme kerap diperdebatkan, bukan soal program-program yang dibawa. Padahal sebagai anak bangsa, semua memiliki dukungan yang sama, kata Mahfud MD.

Bahkan, setiap partai punya hak dan kesempatan yang sama untuk bisa masuk ke lingkaran istana, imbuh Mahfud MD ,

“Jadi masuk dari pintu yang berbeda-beda. Saya katakan anda sekarang yang ada di DPR, dari PPP, dari PAN, dari Golkar, dari Demokrat, dari apa saja itu boleh masuk ke Istana, karena partai bukan agama. Masuk dari pintu apa saja bisa,” kata Mahfud MD.

“Sesudah berhasil masuk ke Istana, lanjut Mahfud MD, nanti seperti Pak JK, masuk ke Istana lalu panggil teman-teman yang enggak bisa masuk. TerusaApa yang masuk ?  Ya Tidak harus orangnya, bisa Visinya. Inilah manfaatnya kenapa ICMI didirikan, kenapa HMI didirikan, kenapa NU didirikan, Muhammadiyah didirikan dan ketemu di sini,” pungkas Menkopolhukam Prof mahfud MD.

Editor : Tim Redaksi Faktadetail.com

Pos terkait