Menkes Budi Gunadi Sadikin : Sistem Kekarantinaan Di Kantor Kesehatan Pelabuhan ( KKP ) Perlu Penyeragaman

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat berdialog dengan pegawai KKP Kelas II Balikpapan, Selasa (31-10-2023) foto:IP

Minta standardisasi ini segera dilakukan, karena setiap KKP standarnya beda-beda, yang dikerjain juga beda-beda, akhirnya outputnya juga beda antara satu kantor dengan kantor lainnya, tidak efektif dan tidak efisien.

BALIKPAPAN | Faktadetail.comMenteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta adanya penyeragaman prosedur dalam pelayanan kekarantinaan dan surveilans di seluruh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Permintaan itu disampaikannya saat berdialog dengan pegawai KKP Kelas II Balikpapan, Selasa (31/10/2023).

“Saya minta standardisasi ini segera dilakukan, karena setiap KKP standarnya beda-beda, yang dikerjain juga beda-beda, akhirnya outputnya juga beda antara satu kantor dengan kantor lainnya,” kata Menkes Budi Gunadi sadikin.

Kegiatan surveilans penyakit malaria misalnya, lanjut Menkes Budi dibeberapa KKP metode penangkapan nyamuk masih menggunakan metode umpan badan.

Sementara di KKP lainnya, penangkapan sudah menggunakan hewan seperti sapi. Perbedaan ini menyebabkan capaian kerja yang berbeda-berbeda. Menurut Menkes Budi, cara tersebut juga tidak efektif dan efisien.

Oleh karena itu, ia ingin penyeragaman prosedur yang dimaksud juga dibarengi dengan studi banding sistem kekarantinaan dan surveilans dari negara lain seperti Singapura dan Amerika Serikat misalnya.

“Nantinya, hasil dari studi banding tersebut, bisa digunakan untuk menyusun prosedur kekarantinaan dan surveilans di KKP yang lebih baik, terbaru, dan terkini,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Pos terkait