Menteri ATR/BPN Pecat Kepala ATR/BPN Jakarta Timur

Kerap pamer harta di media sosial dan dinilai tak sesuai dengan profil sebagai penyelenggara negara.

Kementerian ATR/BPN telah menyiapkan sistem mencegah korupsi. Meski begitu, kebijakan tersebut mesti didukung dengan sumber daya manusia yang berintegritas. 

JAKARTA | Faktadetail.com –¬†Menteri ATR/BPN Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto pecat Kepala BPN Jakarta Timur, Sudarman Harjasaputra. Pasalnya, pejabat ini kerap pamer harta di media sosial yang dinilai publik tidak sesuai dengan profil sebagai penyelenggara negara.

“Sudah saya lepas, saya pecat dari jabatan sekarang kemudian sekarang juga kita menghargai proses dari KPK,” kata Hadi Tjahjanto di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (16/5/23).

Mantan Panglima TNI itu menekankan agar seluruh jajarannya tidak menerapkan gaya hidup mewah, yang dapat menimbulkan stigma negatif di kalangan masyarakat. Sanksi terhadap Sudarman Harjasaputra diharapkan dapat menjadi efek jera.

“Saya sampaikan semuanya, ini jadi pelajaran buat semuanya,” tegas Hadi Tjahjanto.

Hadi Tjahjanto bersama jajaran Kementerian ATR/BPN menyambangi KPK pada hari Selasa ( 16/4/23 ) dalam agenda pembekalan anti korupsi oleh KPK. Pembekalan antikorupsi itu bermakna bagi seluruh Kementerian ATR/BPN, kata Hadi Tjahjanto.

“Pembekalan ini sangat memberikan satu masukan dan gambar sehingga kita semua khususnya di Kementerian memiliki komitmen untuk mencegah perilaku perilaku yang kurang baik,” paparnya.

Hadi Tjahjanto lebih lanjut lagi mengatakan, Kementerian ATR/BPN telah menyiapkan sistem mencegah korupsi. Meski begitu, kebijakan tersebut mesti didukung dengan sumber daya manusia yang berintegritas. 

Hadi Tjahjanto juga meminta agar pesan antikorupsi yang didapat para pejabat Kementerian ATR/BPN hari ini, dapat diimplementasikan dalam lingkungan kerja. Pesan tersebut juga harus disampaikan ke pegawai yang lain.

“Dengan sistem apa pun yang sekarang dibangun oleh ATR/BPN, dengan digitalisasi dengan sistem elektronik, tapi kalau sumber daya manusianya tidak disiapkan maka perilaku-perilaku koruptif pasti akan dilakukan akan karena banyak jalan,” ujar Hadi Tjahjanto.

Editor : Budiman S Faktadetail.com

Pos terkait