Merasa Ditampar, Media Vietnam ingin ASEAN agar Kucilkan Sepak Bola Indonesia ( ? )

Vietnam | Faktadetail.com – Media Vietnam menilai Asia Tenggara merasa kena tampar usai kemungkinan status tuan rumah Indonesia di Piala Dunia U-20 2023 dicabut FIFA.

Polemik ancaman pembatalan tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 oleh FIFA terhadap Indonesia membuat media Vietnam merasa ditampar.

Akibat tamparan itu, media Vietnam pun seolah kayak provokator mengajak ASEAN mengucilkan Indonesia dari kancah sepak bola Asia Tenggara.

Hal itu terungkap pada salah satu artikel yang diunggah pada 27 Maret 2023, TheThao247.vn,  menyoroti digantinya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Banyak negara yang lebih dari mampu menjadi tuan rumah, selain Argentina dan beberapa negara termasuk Qatar dengan fasilitas modern pasca gelaran Piala Dunia U-20 2023.

Meski begitu, FIFA disebut telah menetapkan Peru sebagai tuan rumah pengganti Indonesia.

“Penetapan Negara Pengganti Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U20, Asia Tenggara Mendapat Tamparan Menyakitkan,” tulis TheThao247.vn.

“Indonesia tidak berhak menjadi tuan rumah putaran final Piala Dunia U20 2023. Hal itu sebagai konsekuensi dari keberatan Gubernur Bali atas keikutsertaan Israel U 20.

“Setelah Indonesia dicabut haknya sebagai tuan rumah, banyak negara menyatakan keinginannya untuk menyelenggarakan turnamen paling atraktif di planet ini.

“Menurut sumber yang memiliki reputasi baik, bukan Argentina atau negara lain mana pun yang membuat Peru menjadi negara yang dipilih oleh Federasi Sepak Bola Dunia,” imbuh mereka dalam artikelnya.

Kenyataan pahit lain juga diungkap TheThao247.vn, Asia Tenggara tidak akan memiliki wakil di putaran final Piala Dunia U-20 2023.

Indonesia dinilai berhasil melaju ke putaran final karena kapasitas yang dimiliki, dalam hal sebagai tuan rumah kompetisi.

Di Piala Asia U-20 2023, Indonesia dan Vietnam sama-sama berakhir di fase grup dan gagal membuat kejutan hingga babak semifinal.

“Jika ini menjadi kenyataan, Asia Tenggara tidak lagi memiliki perwakilan untuk berpartisipasi dalam putaran final Piala Dunia U20 2023,” tulis TheThao247.vn lagi.

Media TheThao247.vn juga menyorot nasib pilu Indonesia, setelah gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 akan kehilangan salah satu talenta naturalisasi terbaik.

Impian Justin Hubner berlaga di Piala Dunia U-20 2023 kemungkinan tidak akan terwujud seiring polemik Indonesia sebagai tuan rumah.

Di samping itu, sang pemain saat ini diketahui tengah membela timnas Belanda kelompok umur dan baru saja bermain di laga uji coba melawan Prancis.

Hingga kini belum ada kabar resmi dari FIFA terkait kelanjutan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Menarik dinantikan bagaimana masa depan sepak bola Tanah Air berlanjut, akankah suram karena polemik ini? atau bisa diatasi oleh sang Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Diketahui sosok yang juga Ketua LOC Piala Dunia U-20 2023 yaitu Erick Tohir, tengah mengupayakan kelanjutan gelaran, lewat lobi-lobi tingkat tinggi yang dilakukan.

Berbagai Sumber
TheThao247.vn
Superball.id

Editor : Budiman S

Pos terkait