Ngeri !!! 5 Kota Di Indonesia Terancam Tenggelam Tahun 2050, 3 Kota Ada Di Pulau Jawa

Foto Ilustrasi Kota terancam tenggelam tahun 2050

JAKARTA | Faktadetail.comInilah ada 5 kota di Indonesia yang terancam tenggelam di pada tahun 2050.

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang dikelilingi oleh lautan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Institute Teknologi Bandung (ITB), ketinggian air laut yang ada di Indonesia mengalami peningkatan 3-8 mm per tahun.

Bacaan Lainnya

Naiknya ketinggian air laut ini bisa menyebabkan banjir air laut di kota-kota pesisir utara Jawa, pesisir timur Sumatera, Kalimantan hingga Papua bagian Selatan.

Lantas, mana saja sih kota di Indonesia yang terancam tenggelam di tahun 2050?

Dikutip dari kanal YouTube Travel by Maps, berikut ini 5 kota di Indonesia yang terancam tenggelam tahun 2050.

1. Bali

Kota pertama di Indonesia yang terancam tenggelam tahun 2050 karena kenaikan air laut yaitu Bali.

Sebanyak 490 kilometer dari total luas wilayah Pulau Bali akan diprediksi hilang pada tahun 2050.

Jika hal ini benar-benar terjadi, maka di masa mendatang Pulau Bali akan terpisah menjadi dua bagian berbeda.

2. Kota Jakarta

Kota kedua di Indonesia yang terancam tenggelam di tahun 2050 karena kenaikan permukaan air laut yaitu Kota Jakarta.

Hingga saat ini Kota Jakarta telah mengalami penurunan muka tanah sebanyak 40 persen dari luas wilayahnya dengan kecepatan 25sm per tahun.

Tak heran jika Kota Jakarta akan diprediksi menjadi kota yang paling cepat tenggelam di antara kota-kota lain yang ada di dunia.

3. Kota Semarang

Kota selanjutnya di Indonesia yang akan terancam tenggelam pada tahun 2050 karena naiknya permukaan air laut yaitu Kota Semarang, Jawa Tengah.

Semarang menjadi kota kedua setelah Jakarta yang ada di Pulau Jawa yang akan terancam tenggelam di masa depan dan telah mengalami penurunan tanah hingga 10 cm per tahun.

Tidak hanya itu, Kota Semarang juga memiliki potensi tanah amblas yang semakin meluas, maka tak heran jika Semarang diprediksi akan tenggelam tahun 2050.

4. Kota Surabaya

Salah satu kota di Indonesia yang akan terancam tenggelam di tahun 2050 karena naiknya permukaan air laut yaitu Kota Surabaya, Jawa Timur.

Menjadi kota ketiga di Pulau Jawa yang akan tenggelam, Surabaya diprediksi akan menjadi kota pertama yang tenggelam apabila air laut akan naik hingga empat meter di tahun 2050.

5. ota Banda Aceh

Kota Banda Aceh menjadi salah satu kota yang akan tenggelam di tahun 2050 akibat naiknya air laut.

Ini menjadi salah satu kota di luar pulau Jawa yang akan mengalami kehilangan sebanyak 3 persen wilayah di pesisir Banda Aceh 2050 mendatang.

Itulah tadi informasi mengenai daftar 5 kota di Indonesia yang terancam tenggelam di tahun 2050 karena naiknya permukaan air laut. Semoga bermanfaat.( Ayo Jakarta.com )

Pos terkait