Oknum Kepsek dan Guru kena OTT Pungli Dana Program Indonesia Pintar

LUMAJANG,Jawa Timur | Faktadetail.com – Oknum Guru dan Kepala Sekolah di Lumajang, Jawa Timur (Jatim) tertangkap tangan (OTT) melakukan pungutan liar (pungli) terhadap ratusan siswa penerima dana Program Indonesia Pintar (PIP). Modusnya, Guru dan Kepsek meminta siswa penerima PIP membayar administrasi antara Rp50.000 hingga Rp200.000.

Saat di OTT, salah satu oknum guru ini sempat terekam video amatir. Pada rekaman itu, didapati oleh petugas Polres Lumajang, oknum guru SMP Negeri 2 Kunir berinisial TS membawa uang hasil pungli PIP.

Meski sempat mengelak, oknum guru tersebut hanya bisa pasrah lantaran petugas telah mengantongi bukti-bukti tindakan pungli yang dilakukannya. Pelaku yang juga pendamping dana PIP tersebut melakukan pungli dengan modus mewajibkan siswa penerima dana PIP membayar biaya administrasi pencairan.

Wakapolres Lumajang Kompol Andi, mengatakan, operasi tangkap tangan ini dilakukan setelah Tim Saber Pungli Kabupaten Lumajang menerima banyak keluhan dari wali murid atas pemungutan liar dari dana PIP yang diterima siswa. Petugas juga mengamankan barang bukti uang yang diduga hasil pemungutan liar sebanyak Rp6,3 juta.

“Kami sudah dua kali melakukan OTT dana PIP. OTT pertama terjadi di salah satu SD dan OTT kedua di salah satu SMP. Mereka meminta siswa penerima PIP menyerahkan uang ada yang Rp50.000 hingga Rp200.000,” kata Kompol Andi.

Sebelumnya pada bulan Januari lalu, tim Saber Pungli Kabupaten Lumajang juga mengamankan kepala sekolah SD Negeri Rowo Kangkung karena melakukan pungli dengan modus yang hampir sama. Hingga saat ini petugas masih mendalami kasus ini. Sebab, diduga masih ada oknum lain yang melakukan pungli dana PIP.

Sumber : iNewsjatim.id 02 April 2023

Editor : Faktadetail.com

Pos terkait