OTT KPK Di Maluku Utara Dan Ternate, Gubernur Maluku Utara Ditangkap Serta 15 Orang Diamankan

JAKARTA | Faktadetail.com.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan menangkap Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba dalam kegiatanOoperasi Tangkap Tangan (OTT).

Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri mengatakan, OTT digelar di Maluku Utara pada Senin (18/12/2023). Total terjaring OTT terdapat 15 orang yang diamankan di Jakarta dan Ternate. “Di antaranya Gubernur Maluku Utara dan beberapa pejabat lainnya serta pihak swasta,” ujar Ali Fikri Selasa (19/12/2023).

Bacaan Lainnya

Ali Fikri mengatakan, 15 orang yang diamankan itu saat ini masih menjalani pemeriksaan oleh tim penyelidik dan penyidik KPK. Ia berjanji akan mengumumkan hasil pemeriksaan tersebut. “Selengkapnya akan kami sampaikan setelah memastikan seluruh proses kegiatan selesai,” kata Ali.

Pada Senin (18/12/2023) malam, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengonfirmasi pihaknya menggelar tangkap tangan di Maluku Utara. Namun, Alex Marwata belum mengetahui siapa saja pihak yang diamankan dalam operasi senyap itu. Sementara itu, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan, pihaknya melakukan tangkap tangan terhadap sejumlah orang yang tengah melakukan dugaan jual beli jabatan. “Diduga dalam tindak pidana korupsi lelang jabatan dan proyek pengadaan barang dan jasa,” kata Nurul Ghufron.

Nurul Ghufron enggan menginformasikan para pihak yang terjaring operasi senyap tersebut. Ia hanya menjelaskan tim KPK masih melakukan pemeriksaan awal terhadap para pihak dimaksud.

“Sementara ini kami masih melakukan pemeriksaan terhadap pihak yang kami amankan dan barang buktinya,” ucap Nurul Ghufron,Senin (18/12/23).

Pos terkait