Pangdam Kasuari: Santunan Veteran, Warakawuri Dan Anak Yatim Piatu Bentuk Jalinan Tali Asih Dan Perhatian Kodam XVIII/Ksr

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, S.E., M.Tr.(Han)., CGCAE.,

MANOKWARI | Faktadetail.com – Dalam rangka menyambut Hari Juang TNI AD ke-78 tahun 2023, pemberian santunan ini merupakan salah satu bentuk jalinan tali asih dan perhatian Tentara Nasional Indonesia ( TNI ) khususnya Kodam XVIII/Kasuari kepada segenap Veteran dan Ibu-ibu Warakawuri, yang pada masanya dulu telah berjuang dalam melakukan hal-hal yang tercatat dalam sejarah hidup dimana berbakti di satuan TNI dalam mempertahankan kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ).

Hal ini dikatakan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, S.E., M.Tr.(Han)., CGCAE., dalam sambutannya pada acara pemberian santunan kepada Veteran, Warakawuri dan Anak Yatim Piatu dalam rangka Hari Juang TNI AD ke-78 Tahun 2023, di Lapangan Mapomdam XVIII/Kasuari, Manokwari, Papua Barat, pada Rabu (13/12/2023).

Bacaan Lainnya

Hal ini juga bertujuan untuk tali silaturahmi tetap terjaga dengan baik dan Bapak Ibu sekalian tidak terlupakan oleh yang masih berdinas aktif sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

“Kegiatan santunan ini juga kita berikan kepada anak-anak Yatim Piatu yang berdomisili di wilayah Kabupaten Manokwari, dengan harapan santunan yang diterima dapat membantu pada proses kehidupannya. Serta jalinan tali silaturahmi tetap terpelihara juga, hingga anak-anak ini dapat meraih cita-cita yang diharapkan. Anak-anak adalah investasi kita, walaupun kita bukan orang tua kandungnya,” ucapnya.

Jenderal Bintang dua kelahiran Sumatera Utara, kemudian menyampaikan santunan Anak Yatim di semua agama ini merupakan bagian dari kehidupan.

“Momentum hari juang TNI AD mengingatkan kepada kita agar terus berjuang dan berbuat yang terbaik, sehingga keberadaan kita dapat bermanfaat oleh orang banyak terutama lingkungan yang berada disekitar kita. marilah kita terus membangun  rasa kepedulian dan solidaritas, ajaklah rekan dimanapun kita berada agar selalu berbuat baik”.

”Salah satu kebanggaan karena bisa hadir dan berdiri di tengah-tengah bapak-bapak Veteran sekalian dan Ibu-Ibu Warakawuri walaupun memiliki kenangan indah, diharapkan agar tetap semangat, tetap lanjutkan perjuangan dalam mendidik anak-anak dalam melanjutkan perjuangan bapaknya, tidak boleh patas semangat karena kesedihan, kemurungan itu pasti ada dan hal tersebut tidak boleh berkelanjutan. Kepada anak-anak Yatim Piatu jangan patah semangat, masih banyak saudara-saudara yang masih banyak mendampingi kalian,” kata Pangdam.

Sementara itu, Ketua Legiun Veteran Kabupaten Manokwari, Bapak Indah Suad dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bapak R. Soedardjo menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Bapak Pangdam XVIII/Kasuari dan jajarannya atas perhatian dan keperduliannya.

“Hal ini merupakan suatu kehormatan dan penghargaan besar bagi kami sebagai pelaku sejarah, kegiatan seperti ini tentunya akan mengingatkan kembali sejarah perjuangan para Pahlawan dalam meraih kemerdekaan Republik Indonesia sehingga bisa meneruskan kepada para anak cucu kita dan generasi muda kita saat ini, seperti kita ketahui bahwa para pejuang atau Pahlawan itu banyak pengorbanannya sehingga ada kalimat yang menyatakan “Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghormati jasa para Pahlawannya”, kami berpesan kiranya generasi penerus bangsa dapat terus meneruskan dalam menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pesan Indah Suad.

Ikut dalam kegiatan ini, Kasdam XVIII/Kasuari, beserta para pejabat Kodam, Dandim 1801/Manokwari,

Kafasharkan Manokwari dan Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari, Ny. Vera Ilyas Alamsyah beserta pengurus. (Pendam XVIII/Ksr)

Pos terkait