Pemerintah Daerah Didorong Contoh Gelaran F1 Powerboat Danau Toba 2024

BALIGE, SUMATERA UTARA | Faktadetail.com –  Pemerintah Daerah ( Pemda ) di seluruh Indonesia didorong mencontoh kesuksesan gelaran F1 Powerboat Danau Toba 2024 (F1H2O) untuk mengembangkan destinasi wisata olah raga (sport tourism) internasional di wilayah masing-masing.

“Ini (event F1 Powerboat Danau Toba) bisa dikembangkan di daerah agar bisa jadi destinasi sport tourism internasional,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dalam konferensi pers Media Center F1 Powerboat Danau Toba 2024 di kawasan Pelabuhan Maharaja Napitupulu, Balige, Provinsi Sumatra Utara (Sumut), pada Minggu (3/3/2024).

Bacaan Lainnya

Menpora Dito mengatakan dalam gelaran F1 Powerboat Danau Toba 2024 itu, pemerintah dan InJourney juga menggelar final lomba balap perahu tradisional Solu Bolon, dan lomba Aquabike Nasional di lokasi yang sama.

Menpora Dito Ariotedjo

Selain itu, pemerintah akan berkolaborasi menggelar lomba lari maraton pegunungan (Trail Run) internasional di Kawasan bukit Caldera Danau Toba, yang telah mendapatkan restu dari Ultra-Trail du Mont-Blanc (UTMB), organisasi internasional pengampu lomba.

“Saya juga sempat mengunjungi bukit Caldera yang akan menjadi kegiatan dunia yang masuk ke agenda UTMB. Sekali lagi Toba mendapatkan event-event kelas dunia (yang bisa dicontoh daerah lain),” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Pemasaran InJourney, Maya Watono, mengatakan gelaran F1 Powerboat Danau Toba 2024 akan menjadi katalis dalam pengembangan ekonomi di kawasan itu dan sekitarnya.

Bahkan dia mengaku optimistis dampak di sektor ekonomi dan wisata yang dihasilkan dari event olahraga air (watersport) kelas dunia tersebut akan lebih besar dari tahun lalu.

“Itu akan meningkatkan Danau Toba kedepan sebagai destinasi pariwisata super prioritas yang akan menjadi pilihan domstik dan internasional,” kata Maya menandaskan.

Turut hadir dalam acara itu, Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Rustam Efendi, Direktur H2O Racing Raimondo di San Germano, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf Vinsensius Jemadu, Ketua Tim Informasi dan Komunikasi Maritim, Kemenkominfo Yudi Syahrial, dan Tiga pemeanng F1 Powerboat ( InfoPublik.id )

Pos terkait