Peneliti ( Dosen ) Muda Indonesia Harus Hasilkan Riset Berdampak Luas Bagi Masyarakat

Mustafa Kamal, Komisi X DPR RI

JAKARTA | Faktadetail.com Anggota Komisi X DPR RI Mustafa Kamal meminta para peneliti atau dosen muda di Indonesia harus menghasilkan riset yang berdampak luas bagi masyarakat. Oleh karena, Indonesia sebagai negara kepulauan yang kaya akan sumber daya alam yang melimpah. Selain sumber daya alam, Indonesia juga memiliki aneka ragam dalam hal sosial dan budaya.

“Indonesia merupakan negara kepulauan Indonesia sebenernya menjadi lahan bagai peneliti untuk meneliti berbagai hal baik dalam bidang sains dan teknologi maupun bidang sosial humaniora,” ungkap Mustafa saat memberikan kata sambutan dalam agenda workshop peningkatan kualitas penelitian dosen pemula yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek RI dan Komisi X DPR RI yang dihadiri oleh dosen-dosen muda di LLDIKTI wilayah II, Palembang, Sumatera Selatan (26/07/2023).

Bacaan Lainnya

Dalam keterangan tertulisnya Sabtu (29/7/2023), Mustafa Kamal menekankan para peneliti juga harus memperhatikan hal implementasi hasil penelitian yang berdampak langsung kepada masyarakat. “Saya berharap penelitian yang dilakukan oleh bapak dan ibu di sini memberikan efek atau dampak yang signifikan bagi kemajuan dan kesejahteraan rakyat Indonesia,” ujar Politisi Fraksi PKS ini.

Karena itu, ia mengajak peneliti dan politisi untuk saling bersinergi dan berkolaborasi.

“Bapak ibu jangan alergi dengan politisi karena politisi adalah pengambil kebijakan. Sehingga hasil-hasil penelitian dari bapak ibu bisa langsung diimplementasi dalam bentuk kebijakan, agar bisa berdampak luas kepada masyarakat. Oleh karena itu politisi dan peneliti harus bermitra tidak berjalan sendiri-sendiri,” tutup Mustafa. (Parlementeria)

Pos terkait