Penguatan Karakter Pelajar SMK Sakti Gemolong Melalui PPBN

SRAGEN | Faktadetail.com – Pendidikan karakter siswa perlu dilakukan melalui berbagai kegiatan. Salah satunya melalui Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN). Bela negara merupakan cerminan dari sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berlandaskan pancasila dan undang undang dasar 1945. PPBN  sangat penting dan strategis sebagai pembinaan karakter siswa sekaligus  untuk menanamkan jiwa patriotisme dan cinta tanah air.

Untuk maksud Pembinaan Karakter Patriotisme Serda Eko Cipto Koramil 15/Gemolong melaksanakan kegiatan PPBN  kepada 143 Siswa/i dalam rangka Ketarunaan angkatan ke-lX  SMK Sakti Gemolong, Rabu ( 18/10/2023 )

Bacaan Lainnya

Menurut Eko, Bela negara merupakan kewajiban setiap warga negara yang dilakukan  dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban untuk bangsa dan negara.  Siswa merupakan bagian dari warga negara yang memiliki kewajiban untuk melakukan pembelaan negara sesuai dengan perannya.

Kegiatan bela negara bagi siswa penting untuk pembinaan karakter, penguatan  mental. Selain itu sebagai pembekalan untuk menyiapkan siswa dalam menghadapi berbagai ancaman, seperti; penyalahgunaan narkoba, paham radikalisme, pornografi, pergaulan bebas dan lain sebagainya.

Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter siswa agar memiliki sikap mental yang kuat, disiplin tinggi, cinta tanah air, peduli, rela berkorban, bertanggung jawab, dan bertakwa.

“ Dengan demikian para siswa diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Mengikuti pelatihan dan berlatih dengan penuh semangat serta memahami semua ilmu dan materi yang diberikan  oleh pelatihan “ beber Eko.

Pos terkait