Pentingnya Peningkatan Kualitas SDM Papua Tengah

Kemendagri : Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia di Provinsi Papua Tengah terus diperhatikan dan dikelola dengan tepat dan benar, mengingat kedepannya akan sangat dibutuhkan SDM-SDM unggul untuk membangun Papua Tengah.

JAKARTA | Faktadetail.com – Direktur Perencanaan, Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah, Ditjen Bina Pembangunan Daerah, Kemendagri, Iwan Kurniawan menyampaikan bahwa, penyusunan RKPD (Rencana kerja Perangkat Daerah) tentunya memiliki nilai strategis dan penting bagi pertumbuhan daerah.

Bacaan Lainnya

Khususnya Tahun 2024 nanti yang merupakan tahun strategis bagi perencanaan pembangunan nasional dan daerah.

Hal tersebut diungkapkan Iwan saat membuka Rapat Fasilitasi Rancangan Akhir RKPD Provinsi Papua Tengah Tahun 2024 yang dilakukan secara hybrid pada Hari Senin, 31 Juli 2023 di Ruang Rapat Praja Bhakti Utama, Ditjen Bina Pembangunan Daerah.

“RKPD bertujuan untuk menggambarkan arah pembangunan dan program kerja yang akan dilaksanakan oleh perangkat daerah dalam rangka mencapai visi dan misi pembangunan daerah,” kata Iwan.

Mengenai pertemuan ini, menurut Iwan menjadi salah satu langkah strategis dalam percepatan penyusunan RKPD Provinsi Papua Tengah Tahun 2024, untuk menyusun dan membahas program kerja yang akan dilaksanakan oleh masing-masing perangkat daerah dalam satu tahun ke depan.

Tujuannya untuk memberikan saran masukan sebagai bahan penyempurnaan RKPD Provinsi Papua Tengah Tahun 2024.

“Substansi dokumennya pun agar turut mengakomodir isu-isu strategis aktual, seperti kesiapan daerah dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024, penyusunan RPD, RPJPD, perlindungan sosial, kemiskinan ekstrem stunting, dan lain-lain.” ujar Iwan.

 

Selanjutnya, Iwan menambahkan agar peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia di Provinsi Papua Tengah terus diperhatikan dan dikelola dengan tepat dan benar, mengingat kedepannya akan sangat dibutuhkan SDM-SDM unggul untuk membangun Papua Tengah.

Pemerintah Provinsi Papua Tengah telah melengkapi dan menyampaikan dokumen-dokumen persyaratan Fasilitasi RKPD Tahun 2024 sesuai amanat Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.

Pada kesempatan tersebut, Analis Kebijakan Ahli Madya Substansi Perencanaan dan Evaluasi Wilayah IV, Direktorat PEIPD Ditjen Bina Bangda, Sondang Lumban Gaol juga menyampaikan beberapa masukan hasil pencermatan secara umum terhadap masing-masing Bab, sebagai bahan penyempurnaan Rancangan Akhir RKPD Provinsi Papua Tengah Tahun 2024.

Pelaksanaan fasilitasi tersebut dihadiri oleh Kementerian Perindustrian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta Subdit Urusan lingkup Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri yang hadir melalui zoom meeting.

Pos terkait