PM Jepang Dilempar Bom Saat Pidato di Pelabuhan.

Tokyo | Faktadetail.com – Sebuah ledakan mengguncang pelabuhan di Wakayama, Jepang, lokasi tempat Perdana Menteri (PM) Fumio Kishida menyampaikan pidatonya. Sebuah bom yang diduga ‘bom asap’ dilemparkan ke dekat Kishida sewaktu berpidato usai melakukan kunjungan di pelabuhan tersebut.

Dilansir AFP dan Associated Press, Sabtu (15/4/2023), juga laporan TV NHK televisi nasional Jepang, mengabarkan ledakan keras itu mengguncang pelabuhan Saikazaki di Prefektur Wakayama, pada Sabtu (15/4) waktu setempat, ketika Kishida berkunjung untuk menyemangati kandidat partainya dalam pemilu daerah.

TV NHK menyebut ledakan terjadi sesaat  Kishida menyampaikan pidatonya. Sementara laporan Reuters menyebut objek berbentuk mirip pipa dilemparkan ke dekat Kishida saat dia tengah menyampaikan pidatonya secara outdoor di kompleks pelabuhan.

Laporan media-media lokal Jepang, termasuk Kyodo News Agency, menyebut objek yang dilempar diduga ‘bom asap’.

Sebuah ledakan terjadi di lokasi, sebut NHK, namun Kishida berhasil berlindung dan tidak mengalami luka apapun.

Tidak ada laporan korban luka maupun kerusakan di lokasi akibat ledakan itu.

Seorang pria yang diduga sebagai pelempar bom asap itu telah ditangkap di lokasi. Tayangan NHK menunjukkan sejumlah personel kepolisian di lokasi mengamankan seorang pria yang telungkup di lantai.

Insiden ini terjadi sekitar sembilan bulan setelah pendahulu Kishida, Shinzo Abe, tewas dibunuh saat berpidato dalam rangka kampanye pemilu.

Editor : Faktadetail.com

Pos terkait