Pornas Korpri, Bukti Nyata Satukan Birokrasi

SEMARANG | Faktadetail.com – Ajang olahraga terbesar bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN), Pekan Olahraga Nasional (PORNAS) Korpri XVI 2023, akan segera mencapai puncaknya dengan laga final cabang olahraga Futsal.

Selama berlangsungnya PORNAS Korpri XVI 2023 di kota Semarang, Jawa Tengah, event ini berhasil menciptakan sejumlah momen tak terlupakan dan kejutan yang memukau.

Bacaan Lainnya

Momen pertama datang dari tuan rumah, kontingen Jawa Tengah, yang berhasil mempertahankan posisi teratas dalam perolehan medali. Keunggulan ini menjadikan mereka sebagai sorotan utama dalam gelaran ini.

Di sisi lain, kejutan lainnya muncul dari dominasi Jawa Barat, yang sebelumnya selalu menjadi juara umum, namun tahun ini harus rela menyerahkan tahtanya kepada kontingen lain yang tampil luar biasa.

Hal yang paling menarik dari PORNAS Korpri XVI 2023 adalah munculnya atlet-atlet baru dari kalangan ASN yang berhasil meraih prestasi gemilang. Fakta ini membuktikan bahwa event ini bukan sekadar sarana untuk menyatukan para pelayan publik, melainkan juga menjadi ajang untuk menemukan bibit-bibit unggul di dunia olahraga.

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin, menyampaikan apresiasinya terhadap suksesnya penyelenggaraan PORNAS Korpri XVI 2023 dan merasa sangat terharu oleh antusiasme yang ditunjukkan oleh masyarakat Jawa Tengah, khususnya Kota Semarang. Ia juga menekankan bahwa event ini merupakan yang terbesar dalam sejarah PORNAS.

“Tidak hanya serangkaian pertandingan yang menarik, PORNAS Korpri XVI 2023 juga memberikan pelajaran berharga, bahwa dalam pertandingan kita adalah lawan, tapi setelahnya kita tetap adalah sahabat,” ujar Taj Yasin.

Semangat sportivitas yang ditunjukkan oleh seluruh kontingen dan ASN yang berpartisipasi dalam PORNAS Korpri XVI 2023 juga mendapatkan pujian dari Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Korpri Nasional, Dr. Drs. Naziarto, SH, MH.

“Pornas Korpri XVI 2023 telah membuktikan bahwa semua kontingen atau ASN yang bertanding selalu mengedepankan sportivitas. Seperti yang dikatakan pak wakil gubernur tadi, bahwa olahraga menjadi penyatu,” ungkap Dr. Naziarto dengan bangga.

Beliau menambahkan, “Kehadiran Korpri dalam event ini benar-benar menjadi perekat birokrasi dan pemersatu seluruh ASN. Korpri tak memandang perbedaan antara ASN Kementerian dan ASN daerah, semua diperlakukan sama.”

Sebelumnya, Ketua Umum Badan Olahraga Pusat Korpri, Prof. Asrorun Ni’am Sholeh, telah menegaskan bahwa PORNAS Korpri XVI 2023 bukan semata-mata tentang mencari pemenang dan kalah, melainkan lebih sebagai momen silaturahmi bagi para ASN.

Beliau juga mengapresiasi semangat persaudaraan yang tetap terjaga di tengah-tengah persaingan yang membutuhkan tenaga dan semangat ekstra dari para peserta.

“Ditengah situasi kompetisi yang menguras tenaga dan energi, alhamdulillah, silaturahmi, kekompakan, dan semangat persaudaraan tetap terjaga. Ini sesuai dengan salah satu tujuan dari penyelenggaraan PORNAS tahun ini,” ujar Prof. Asrorun Ni’am Sholeh.

Salah satu tujuan utama yang dimaksud adalah meningkatkan semangat persaudaraan di antara para ASN (Aparatur Sipil Negara).

“Dari seluruh pertandingan, saya merasa senang dan bangga, karena semangat sportivitas begitu dijunjung tinggi,” tambahnya.

Ia meyakini bahwa sikap kesatria dan semangat sportivitas merupakan modal penting bagi para ASN sebagai pelayan publik.

“Sesuatu yang mudah diucapkan tapi sulit dilakukan adalah kolaborasi, dan melalui PORNAS Korpri ini, saya berharap kolaborasi yang nyata dapat tercipta,” tutup Prof. Asrorun Ni’am Sholeh sembari berharap semangat persaudaraan dan sportivitas akan terus berlanjut di lingkungan kerja para ASN. ( HUMAS DPKN )

Pos terkait