PORNAS XVI KORPRI 2023 Resmi Dibuka, Prof Zudan Ketum Korpri Ungkap Rekor Baru Tercipta

SEMARANG | Fakatadetail.com – Pekan Olahraga Nasional (PORNAS) XVI Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Tahun 2023 resmi dibuka oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi di GOR Jatidiri, Kota Semarang, Jawa Tengah Jumat (14/7/2023) malam. Dalam laporannya, Ketua Umum KORPRI Nasional, Zudan Arif Fakrulloh mengungkapkan terciptanya rekor baru sepanjang pelaksanaan PORNAS XVI KORPRI kepada ribuan tamu dan kontingen yang datang.

Zudan menerangkan, minat penyelenggaraan PORNAS KORPRI terus semakin bertumbuh. Semakin tahun kepesertaan semakin meningkat. Terimakasih provinsi Nusa tenggara Timur (NTT), Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Barat Daya yang telah berusaha mengirimkan atlet terbaiknya sehingga tidak ada lagi provinsi yang tidak mengirimkan atletnya.

Bacaan Lainnya

“Pada pelaksanaan kali kita berhasil memecahkan rekor baru, tidak ada lagi provinsi yang tidak mengikuti PORNAS,” jelas Prof Zudan.

Ia juga mengungkapkan dalam PORNAS XVI KORPRI 2023 di Kota Semarang terdata 101 kontingen dari 38 provinsi dan 63 kementerian/lembaga, melalui 10 cabang olah raga, dan kurang lebih 6000 atlet, official dan pelatih yang turut ambil bagian. Statistik keikutsertaan ini naik dari penyelenggaraan pada tahun sebelumnya di Yogyakarta.

Posisi pertama kontingen terbanyak yang mengikuti PORNAS XVI KORPRI, lanjut Zudan, ditempati oleh Provinsi Jawa Tengah sebanyak 183 peserta. Selanjutnya secara berturut-turut ditempati terbanyak ke-2 oleh Sumatera Barat dengan 179 peserta dan ke-3 Jawa Barat dengan 173 peserta.

Zudan juga sampaikan, “yang lebih mengembirakan Pornas Korpri tahun 2025¬† akan dilakukan tuan rumah Provinsi Sumatera selatan dan tahun 2027 oleh tuan rumah provinsi NTB, sehingga banyak waktu kembali seluruh Kementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk mempersiapkan kembali atlitnya dan juga dukungan anggaran”

“Pada waktu SMP dan SMA saya mengenal 2 sumpah, Sumpah Pemuda dan Sumpah Palapa. Malam hari ni saya menemukan sumpah yang ketiga, apa itu? Sumpah deh, Jawa tengah luar biasa! ” ucap Zudan disambut dengan gemuruh tepuk tangan para kontingen.

“Terima kasih Jawa Tengah dengan gelar tari kolosal pada penyelenggaraan malam hari ini,” tutur Zudan lagi.

Pada kesempatan acara yang sama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Menteri PANRB) Abdullah Azwar Anas dan gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga memberikan sambutan yang tak kalah menarik bagi para tamu undangan yang hadir.

Kemeriahan acara pembukaan Pornas Korpri XVI disertai penampilan lagu berjudul Bento yang dinyanyikan oleh Ganjar pranowo diiringi penampilan drumer dari Menteri PUPR, Basuki Hadi Muljono ( Humas DPKN )

 

Pos terkait