Sertijab Danbrigif, Katopdam Dan Penyerahan Jabatan Pamen Ahli Adalah Sebuah Penghargaan Besar Bagi Bintuni

TELUK BINTUNI | Faktadetail.com – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., memimpin langsung acara sertijab Katopdam XVIII/Kasuari, dari Kolonel Ctp Muhammad Tan Supangkat, S.Kom., M.Si. kepada Letkol Ctp Abdul Muis Nur, S.Si., Danbrigif 26/Gurana Piarawaimo (GP) dari  Kolonel Inf Ricardo Siregar, S.H., M.Tr. (Han)., kepada Letkol Inf Sidik Wiyono, S.H., M.Tr. (Han)., dan penyerahan jabatan Pamen Ahli Bidang Ideologi Politik Sahli Pangdam kepada Kolonel Inf Wahyu Hadi Soenaryo, S.Sos., M.M., di Mako Brigif 26/GP, Teluk Bintuni, Papua Barat, pada Selasa (8/8/2023).

Bacaan Lainnya

Dalam amanatnya, Pangdam menyampaikan bahwa sertijab ini mengacu kepada prinsip yang saling berkaitan, yaitu pengembangan karya dari personel dan dan juga pemantapan dan kemajuan organisasi yang tidak membuat kebijakan dan tugas pokok satuan menjadi berubah meskipun pimpinannya berganti.

“Brigade Infanteri 26/GP dengan membawahi tiga satuan tempur yaitu Yonif RK 762/VYS, Yonif 763/SBA dan Yonif 764/IB mempunyai tugas pokok membina kesiapan dan kesiapsiagaan satuan jajarannya, agar dapat digerakkan setiap saat guna menanggulangi setiap bentuk ancaman terhadap integritas dan kedaulatan negara kesatuan republik indonesia, khususnya di wilayah Kodam XVIII/Kasuari dan juga setiap prajurit Brigif 26/GP beserta seluruh jajarannya dituntut harus memiliki kemampuan tempur yang handal, memiliki mobilitas yang tinggi, mampu bereaksi secara cepat, bergerak mendekati musuh secara senyap dan memiliki ketepatan dalam menentukan sasaran,” ucapnya.

Orang nomor satu dilingkup Kodam ini juga mengharapkan kepada para prajurit Brigif 26/GP agar senantiasa melakukan pembinaan teritorial terbatas secara maksimal, sehingga keberadaan satuan ini dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat sekitar dan menjadikan Brigif dicintai dan mencintai rakyat.

“Kepada pejabat baru beserta istri, saya saya berharap mampu memelihara dan meningkatkan kemajuan yang telah dirintis dan dicapai oleh pejabat sebelumnya, kembangkan inovasi  dan kreatifitas dalam setiap tugas, juga kepada pejabat yang lama, terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya telah memberikan pengabdian terbaiknya selama berdinas di Kodam XVIII/Kasuari,” ujar Pangdam.

Selaku pribadi dan Pangdam XVIII/Kasuari iapun mengucapkan terima kasih yang tulus kepada seluruh masyarakat Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya tentunya refresentasi kepada Pemerintah Provinsi beberapa Kabupaten, demikian juga kepada seluruh para tokoh agama, masyarakat, adat, pemuda dan perempuan yang telah melaksanakan suatu kolaborasi, kerja sama, persaudaraan, saling mendukung, memberi, melengkapi dan menyempurnakan serta saling menyayangi sehingga satuan jajaran Kodam XVIII/Kasuari.

Mewakil Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Teluk Bintuni, Wakil Bupati, Matret Kokop, S.H., menyampaikan apresiasi dan terima kasih karena telah memberikan kepercayaan untuk melaksanakan kegiatan sertijab di Kabupaten Teluk Bintuni.

“Sertijab yang dilaksanakan ini sebuah kehormatan dan kebanggaan yang besar, karena hal ini belum pernah terjadi, kami bangga dan terharu Pangdam datang melaksanakan suatu kegiatan yang luar biasa, sertijab yang seharusnya dilaksanakan di Provinsi tetapi dilaksanakan di Kabupaten”.

“Selam tiga hari Bapak Pangdam beserta rombongan di Bintuni memberikan semangat, dorongan untuk kita semua, baik itu masyarakat, pejabat, ASN dan lembaga-lembaga yang ada, terima kasih karena Pangdam juga memotivasi juga memberikan arahan sekaligus memberikan masukan kepada kami untuk bagaimana mengembangkan Kabupaten Teluk Bintuni ke depan terutama Sumber Daya Manusia di Kabupaten, ini luar biasa untuk kami karena kehadiran TNI polri memberikan nuansa yang luar biasa untuk kami sehingga segala sesuatunya berjalandengan baik dan lancar,” ungkap Wakil Bupati.

Ikut hadir dalam kegiatan ini, para Asisten dan Kabalakdam, Dansecata Rindam XVIII/Kasuari, Dandim dan Danyonif jajaran, Bupati dan Forkopimda Kabupaten Teluk Bintuni, Kapolres, Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari beserta pengurus, para Tokoh Agama, Adat, Masyarakat dan Pemuda Kabupaten Teluk Bintuni. ( Pendam XVIII/Ksr )

Pos terkait