TOEFL Syarat Penting Untuk Pendaftar CPNS Di 6 Kementerian

Syarat TOEFL menjadi faktor penting dalam rekruitmen yang digunakan untuk melamar CPNS di sejumlah Kementerian

JAKARTA | Faktadetail.com – TOEFL syarat melamar CPNS ( Calon Pegawai Negeri Sipil ) menjadi faktor penting dalam rekruitmen yang digunakan sejumlah Kementerian . Pelamar harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat TOEFL  (Test of English as a Foreign Language ).

Skor minimal TOEFL setiap Kementerian tidak selalu sama. Penentuan skor minimal TOEFL bergantung pada aturan yang sudah menjadi ketetapan masing-masing instansi Kementerian.

Bacaan Lainnya

Instansi Kementerian yang menjadikan TOEFL sebagai syarat pendaftar CPNS diajajaran 6 Kementerian yaitu :

  1. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sejumlah formasi pada kementerian ESDM diketahui telah mewajibkan sertifikat TOEFL bagi para pendaftarnya. Skor minimal agar bisa diterima di kementerian ini adalah 450 atau setara dengan 133 pada Computer Based TOEFL.
  2. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Syarat mempunyai sertifikat TOEFL juga diberlakukan kepada para pelamar CPNS di beberapa formasi Kemenkominfo. Sertifikat tersebut harus diambil dalam kurun waktu maksimal 2 tahun sejak diterbitkan. Skor minimal dari beberapa formasi Kominfo di antaranya TOEFL Prediction minimal skor 400, TOEFL IBT ( Internet Based Test ) minimal skor 32, TOEFL ITP ( Institutional Testing Program ) / PBT ( Paper Based Test ) minimal skor 400 dan TOEFL CBT ( Computer Based Test ) minimal skor 97.
  3. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kementerian PUPR memiliki banyak formasi yang menjadi sertifikat TOEFL sebagai syarat bagi para pendaftar seleksi CPNS. Beberapa minimal skor yang harus dimiliki sebelum mendaftar seperti TOEFL ITP minimal 450 dan IBT minimal 53.
  4. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Saat ini PPPA sudah menerapkan syarat sertifikat TOEFL di semua jabatannya dengan skor minimal 400 atau setara dengan 133 pada Computer Based TOEFL dan 45 pada Internet Based TOEFL.
  5. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menetapkan nilai minimal yang lebih tinggi yaitu 550 untuk TOEFL PBT/ITP/EPT dan TOEFL Prediction. Sedangkan skor TOEFL Minimal untuk TOEFL IBT 80 dan TOEFL CBT minimal 214.
  6. Kementerian Perindustrian Kementerian Perindustrian merupakan salah satu kementerian negara yang telah banyak membuka formasi CPNS dengan syarat sertifikat TOEFL.

Ada lagi persyaratan yang dikhususkan untuk para pelamar dengan jabatan guru, dosen maupun jabatan di Direktorat Jenderal Ketahanan. TOEFL minimal 500 untuk formasi di unit kerja Direktorat Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional.

Sedangkan untuk formasi guru dan dosen di Kementerian Perindustrian Skor Minimal adalah 475

Pos terkait