Sangat Ngeri Wabah Tranq, Narkoba Zombie , Asal Philadelphia menghebohkan publik Amerika Serikat

Korban Tranq ( Narkoba Zombie ) di Piladelpia

PHILADELPIA | Faktadetail.com – Narkoba zombie atau Tranq, belakangan ini menghebohkan  Amerika Serikat. Tranq ( Narkoba Zombie ) awalnya merupakan obat penenang hewan yang disetujui untuk digunakan di Amerika Serikat, khususnya untuk sapi dan kuda.

Apa itu Tranq ? Obat jenis ini sekarang membanjiri pasar obat terlarang di Negeri Paman Sam Amerika Serikat. Nama lain Tranq adalah Xylazine yang kerap ditemui dalam industri kedokteran hewan. Celakanya, obat ini dicampur dengan narkotika jenis lain seperti heroin dan fentanyl yang bisa berakibat fatal.

Bacaan Lainnya
Tergeletak dipinggiran jalan korban Tranq ( Narkoba Zombie ) di Philadelpia

Efek penggunaan obat tersebut adalah kulit dan otot sang pengguna membusuk. Dan bila disuntikkan ke tubuh manusia bisa mengurangi sirkulasi darah penggunanya.Yang mengkonsumsinya akan tiduran, duduk, maupun berdiri membungkuk di trotoar pinggir jalan. Wajah akan tampak sayu dan tidak fokus.

Seperti yang terlihat di ungahan video New York Post, Hingga Senin (29/5/2023) pagi, unggahan video korban pengguna tranq  ( narkoba Zombie ) telah tayang sebanyak 18,7 juta kali, disukai 68.200 pengguna Twitter, dan dibagikan 7.567 kali.

Melansir dari New York Post, Minggu (28/5/2023) rekaman video tersebut menunjukkan keadaan daerah Kensington, Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat.  Wilayah ini umumnya dikenal sebagai pasar bebas narkoba sehingga banyak dipenuhi pengguna narkoba yang melamun atau pingsan di pinggir jalan.

Di salah satu pasar di Philadelpia para korban Tranq ( Narkoba Zombie ) tangkapan layar video yang beredar luas

Para pecandu ini disebut menggunakan obat xylazine atau di lingkungan mereka akrab disebut “tranq”.  Obat penenang ini digunakan untuk meningkatkan efek dari narkoba jenis heroin, kokain, dan fentanil. Parahnya, tranq telah ditemukan di dalam lebih dari 90 persen sampel fentanil di Philadelphia.

Ruang gawat darurat di sana juga melaporkan korban luka kulit dan rusak jaringan tubuh meningkat empat kali lipat dalam tiga tahun terakhir. Pada 2021, ada lebih dari 107.000 kematian akibat overdosis obat.  Jumlah ini meningkat hampir 15 persen dari tahun sebelumnya. Mayoritas korban meninggal akibat fentanil.

Pos terkait