10 Khasiat Biji Pala, Simak, Ada Penyakit Yang Dicegah

Buah Pala ( Gambar illustrasi )

JAKARTA | Faktadetail.com  Biji buah  pala merupakan rempah yang sering digunakan sebagai bahan bumbu masakan beberapa hidangan gurih. Biji buah pala merupakan rempah-rempah dari spesies genus Myristica. Pala digunakan sebagai bumbu sejumlah masakan karena sifat aromatiknya yang menggugah selera makan.

Biji buah pala memiliki beberapa senyawa kuat aktif untuk mencegah penyakit tertentu dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Pala memiliki semua vitamin esensial, senyawa organik, dan mineral. Biji buah pala memiliki komponen penting seperti serat makanan, mangan, vitamin B6, tiamin, folat, magnesium, dan tembaga.

Bacaan Lainnya

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Mishry.com. tentang khasiat Biji buah Pala :

1.Sifat Antikonvulsan. Minyak pala mungkin efektif dalam mengatasi kejang. Minyak pala bekerja melawan grand mal dan kejang parsial.

2.Efek Terhadap Diare. Pala memberikan bantuan bagi mereka yang menderita diare. Ini memiliki sifat karminatif dan meningkatkan pencernaan. Biji pala bisa dikonsumsi bersama dengan air dingin dan jahe. Pala memiliki sifat antidiare yang ditunjukkan dalam penelitian yang diterbitkan dalam Methods And Findings In Experimental And Clinical Pharmacology.

3.Mengurangi Kolesterol Jahat. Pala mempunyai efek hipolipidemik yang berarti bahwa konsumsi rempah ini menghasilkan penurunan kadar kolesterol jahat. Ada penelitian yang dilakukan pada kelinci albino yang menunjukkan bahwa pala mengurangi kolesterol jahat.

4.Baik untuk Kulit. Sejak lama,Pala telah digunakan dalam pengobatan tradisional dan herbal untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit. Bisa dioleskan pada kulit secara langsung dengan membuat pasta dengan air atau madu. Dalam sebuah penelitian yang diadakan pada tahun 2016, buah pala mampu mengobati infeksi kulit tertentu.
Dalam penelitian lain yang dilakukan oleh ahli bernama KE Lee dan rekannya, ditemukan bahwa pala memiliki senyawa bioaktif seperti macelignan yang menjamin tidak terjadinya penuaan dini akibat paparan sinar ultraviolet. Minyak pala juga bermanfaat untuk pengayaan kulit.

5.Perlindungan Terhadap Kanker. Pala dipercaya bisa melindungi manusia dari sel kanker. Ditemukan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam chemico-biological interaction, pala memiliki sifat kemopreventif, yang berarti bisa mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

6.Pengaturan Tekanan Darah. Pala memiliki kadar natrium yang lebih rendah, yang mengatur tekanan darah. Disebutkan juga dalam panduan menurunkan tekanan darah oleh National Institute Of Health bahwa rempah-rempah seperti pala harus sering dikonsumsi untuk mengatur tekanan darah.

7.Sifat Antidepresi. Pala digunakan dalam Ayurveda sebagai obat depresi. Ini memiliki lebih sedikit efek samping daripada obat allopathic dan sering digunakan sebagai penambah suasana hati.

8.Perlindungan Hati. Pala memiliki banyak manfaat obat yang juga mencakup pengobatan gangguan hati. Pala mengandung myrislignan, yang meredakan luka pada hati. Pala juga mengurangi peradangan hati dan aktivitas radikal bebas di hati.

9.Kesehatan Mulut. Pala memiliki sifat antibakteri dan juga bisa menghambat aktivitas bakteri tertentu seperti porphyromonas gingivalis yang menyebabkan kerusakan gigi. Ada ekstrak metanol dalam pala yang memiliki sifat anti kariogenik yang mencegah kerusakan gigi dan masalah gigi lainnya. Pala juga bisa mencegah terjadinya gigi berlubang karena memiliki zat antibakteri yang dikenal dengan nama macelignan.

10.Peningkatan Kesehatan Otak Pala dipercaya memiliki sifat neuroprotektif yang meningkatkan kesehatan otak. Pala dipercaya memiliki sifat neuroprotektif yang meningkatkan kesehatan otak. Dipercayai bahwa minyak dalam pala bertanggung jawab atas keterlambatan timbulnya penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer, penyakit Parkinson, dan penyakit Huntington.

Pos terkait