11 Manfaat Kluwek Untuk Kesehatan Manusia, Mencegah Berbagai Jenis Penyakit

Foto Ilustrasi Biji Kluwek

Mengkonsumsinya dengan mencampurkan Kluwek sebagai bumbu lauk makanan.

Maros | Faktadetail.com – Banyak manfaat Kluwek untuk kesehatan manusia, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah asam urat, mencegah Kolesterol, menurunkan risiko Kanker hingga membuat kualitas tidur atau tidur nyenyak.

Bacaan Lainnya

Buah Kluwek adalah merupakan biji dari buah Picung yang diproses menjadi bahan rempah dicampur ke bumbu masakan. Kluwek di Indonesia dikenal sebagai rempah untuk masakan berkuah seperti masakan Soto atau masakan Rawon.

Pada setiap daerah, nama Buah atau Biji Kluwek sebutannya berbeda-beda. Di Sunda Jawa Barat disebut Picung atau Pucung, di Tana Toraja Sulawesi Selatan disebut Pamarrasan, di Minangkabau Padang Sumatera Barat disebut Kepayang, di Aceh menyebutnya Bak pange, dan di Pulau Jawa dikenal dengan sebutan Buah/Biji Kluwek atau Kluwak.

Buah/Biji Kluwek telah dikonsumsi secara turun temurun didaerah Tropis seperti Indonesia , Malasyia dan Tahiland. Tanaman Picung,  nama Indonesia, nama latin Pangium Edule, termasuk ke  Famili Flacourtiaceae. Tanamannya mirip sekali dengan pohon Randu. Pohonnya berukuran besar dan buah bergelantungan dengan siklus panen sekitar 8 bulan hingga 9 bulan sekali.

Kluwek mengandung vitamin dan mineral penting yang efektif meningkatkan kesehatan tubuh. Beberapa kandungannya yakni karbohidrat, protein, lemak, serat, kalium, mangan, zat besi dan vitamin A serta C.

Manfaat Kluwek mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah penyakit asam urat hingga menurunkan risiko kanker. Cara mengonsumsinya yakni dengan mencampurkan Kluwek sebagai bumbu lauk makanan.

Berikut manfaat Kluwek untuk kesehatan:

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh. Reaksinya dalam tubuh setelah dikonsumsi, melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya. Kandungan vitamin C di dalamnya membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Mencegah Kanker

Antioksidan di dalam Kluwek dapat mencegah penyakit kronis antara lain seperti kanker.

  1. Mencegah Hipertensi

Kluwek mengandung tinggi mineral berupa kalium atau potasium yang baik bagi tubuh. Dalam 100 gram kluwek mengandung 680 miligram kalium. Dengan kisaran tersebut, buah ini efektif membantu mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi.

  1. Mengatasi Infeksi Bakteri dan Jamur

Kluwek bersifat antimikroba dan antifungi yang berasal dari senyawa bioaktif di dalamnya. Sifat ini efektif melawan bakteri dan jamur, di antaranya Listeria monocytogenes, Salmonella typhimurium dan Aspergillus flavus.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kluwek mengandung tinggi serat yang mampu menjaga kesehatan organ pencernaan. Kandungan tersebut bekerja dengan meningkatkan pergerakan usus guna memperlancar buang air besar.

Serat juga mampu menyerap air sehingga dapat membantu menambah massa feses guna mengatasi diare. Jenis buah Kluwek ini juga efektif mencegah sembelit atau konstipasi dengan melunakkan tekstur feses.

  1. Mencegah Anemia

Manfaat ini berasal dari kandungan zat besi di dalamnya. Dalam satu buah kluwek mengandung 5.02 miligram zat besi atau setara dengan 62.57 persen dari angka kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Kekurangan zat besi berpotensi memicu munculnya gejala Anemia. Di antaranya lemas dan cepat lelah, sakit kepala, sering mengantuk, kulit pucat, detak jantung tidak teratur serta dingin di area kaki dan tangan.

  1. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Kluwek mampu menurunkan potensi penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan sakit jantung. Manfaat ini berkat kandungan mineral berupa magnesium di dalamnya. Kandungan tersebut berperan dalam menjaga tekanan darah dalam tubuh tetap stabil, sehingga jantung tidak bekerja keras dalam memompa darah.

  1. Mencegah Penyakit Asam Urat

Kluwek efektif mencegah asam urat berkat kandungan vitamin C di dalamnya. Dalam 228 gram kluwek mengandung 58.8 miligram vitamin C. Angka tersebut mampu mencukupi sekitar 65.33 persen kebutuhan Vitamin C dalam sehari.

Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang bekerja dengan mencegah penumpukan purin pada sendi. Dengan begitu, nyeri hebat, pembengkakan, rasa panas dan kemerahan pada sendi bisa dicegah.

  1. Menjaga Kesehatan Otot

Manfaat Kluwek lainnya, yakni menjaga kesehatan otot dalam tubuh. Keuntungan ini berasal dari kandungan mineral berupa fosfor yang berperan dalam mengurangi kelemahan otot hingga mati rasa.

  1. Menurunkan Kolesterol

Konsumsi Kluwek juga bermanfaat untuk mencegah kolesterol tinggi. Namun, untuk menurunkan kolesterol tinggi, tentunya tak hanya dengan mengonsumsi buah Kluwek.

Akan tetapi disarankan harus memperbaiki gaya hidup. Misalnya, dengan berhenti merokok, sering olahraga dan teratur, menghindari makanan tinggi kolesterol, serta mengelola stres dengan baik.

  1. Memudahkan Tidur

Buah Kluwek dapat menjadi cara untuk mengatasi susah tidur. Hal tersebut karena biji Kluwek memiliki kandungan Vitamin dan Zat yang menyehatkan dan membuat yang menkonsumsinya secara rutin dan teratur menjadi lebih rileks hingga akhirnya mudah untuk tidur.( Berbagai Sumber )

Pos terkait