Bupati Maros H.A.S Chaidir Syam Akan Evaluasi 3 Kepala OPD Kabupaten Maros: Kinerja Rendah, PAD Tidak Tercapai

Bupati Maros H.A.S Chaidir Syam, S.IP., M.H

Agar kedepan kinerja OPD bisa lebih baik lagi dan mampu mencapai target PAD yang telah ditetapkan

MAROS | Faktadetail.com – Bupati Maros H.A.S Chaidir Syam, S.IP., M.H mengatakan bahwa menjelang tutup tahun 2023, masih ada Organisasi Perangkat Daerah  ( OPD ) di Pemerintahan Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan kinerjanya rendah. Tidak memenuhi target Pendapatan daerah ( PAD ).

Bacaan Lainnya

OPD yang kinerjanya rendah dan PAD nya tidak tercapai, diketahui setelah melihat hasil kinerjanya dibawah target.  Bagaimana tidak rendah keinerjanya, target PAD masih dibawah 70 persen, kata Bupati Maros Chaidir Syam, Jumat (15/12/2023)

Chaidir Syam mengungkapkan, Kepala OPD yang kinerjanya dan capaian kontribusi PAD-nya sangat rendah yaitu Kepala Dinas Pertanian dan Katahanan Pangan, capaiannya hanya 58,83 %, Kepala Dinas Koperasi dan Perindustrian ( Kperindag ) capaiannya hanya 54.10 % dan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga ( Disparpora ) capaiannya hanya 65.18 % .

Capaian PAD dibawah 70% itu sangat rendah. Itu tandanya kinerja rendah. Kita akan lakukan evaluasi terhadap OPD yang tidak mencapai target di atas 70%, ucap Cahjidir Syam.

Selain itu, Chaidir Syam juga mempertanyakan apa kendala terhadap OPD minus kinerjanya itu. Misalnya, Dinas Pertanian yang mengeluhkan Alsintan yang selama ini rusak-rusak dan sewanya belum dibayar.

Begitu juga Dinas Koperindag, banyak yang punya los belum bayar. Ini kendalanya apa pada yang menagih dan yang ditagih, kata Cahidir Syam.

Chaidir Syam juga menmgungkapkan kendala pada Disparpora, tidak dapat memenuhi target PAD, karena masih, meminta anggaran untuk perbaikan sarana dan Prasarana Hotel Bantimurung dan anggaran Inovasi untuk memperbaiki dan pembenahan Taman Wisata Bantimurung.

“Ini akan dievaluasi nanti, agar kedepan kinerja OPD bisa lebih baik lagi dan mampu mencapai target PAD yang telah ditetapkan, ujar Buapti Maros.

Perolehan PAD Kabupaten Maros bulan November 2023 sudah mencapai Rp.275 Miliar, atau 96% dari targe, tutup Chaidir Syam.

Pos terkait