Kematian akibat nyamuk lebih tinggi dibanding hewan lain.

Ini Alasan Nyamuk Jadi Hewan Paling Mematikan di Dunia

Jakarta | Faktadetail.com -Ada data menunjukkan nyamuk membunuh lebih banyak manusia sepanjang sejarah. Kenapa makhluk sekecil itu bisa sangat mematikan disbanding Hiu dan ular yang memang mematikan ?


Dilansir dari detikhealth, mengutip sebuah data perkiraan, pusat pencegahan dan pengendalian penyakit Amerika Serikat menyebut nyamuk membunuh 500.000 hingga 1 juta orang tiap tahun.

Bukan tanpa alasan, nyamuk merupakan vektor atau perantara sejumlah penyakit mematikan. Salah satunya malaria.


“Malaria telah sejak lama sangat merusak bagi populasi manusia,” kata Shannon LaDeau, pakar ekologi penyakit dari Cary Institute of Ecosystem Studies, dikutip dari LiveScience.


Organisasi Kesehatan Dunia WHO menyebut sekitar 619 ribu kematian di seluruh dunia pada 2021 disebabkan oleh malaria. Penyakit ini langka di Eropa dan Amerika Utara, tetapi banyak ditemukan di sebagian wilayah Afrika, Asia, dan Amerika Selatan.

Sebagai pembanding, WHO mencatat Ular membunuh antara 81 ribu hingga 138.000 manusia tiap tahun, dan Rabies yang umumnya ditularkan oleh Mamalia seperti Anjing, membunuh sekitar 59.000 orang pada periode yang sama..Bandingkan dengan nyamuk membunuh 500.000 hingga 1 juta orang tiap tahun ( periode yang sama ).

Redaksi Faktadetail.com

Pos terkait