banner 728x250

Penghargaan Dan Reward Hasil Upaya Percepatan Penurunan Stunting Di Provinsi Sulawesi Tengah

banner 120x600
banner 468x60

Kemendagri Dorong Provinsi Sulawesi Tengah Dapat Meningkatkan Kualitas 8 Aksi Penurunan Stunting

PALU, SULAWESI TENGAH | Faktadetail.com – Enam Kabupaten/ Kota di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) berhasil mempercepat menurunkan angka stunting pada tahun 2023 ini. Pemerintah Daerah setempat mengganjarnya dengan sebuah penghargaan atau reward.

banner 325x300

Ada enam Kabupaten/ Kota di Sulteng menerima penghargaan atas kinerjanya dalam aksi konvergensi penurunan stunting terintegrasi pada Rabu, 12 Juli 2023.  Keenamnya adalah Kabupaten Banggai, Parigi Moutong, Morowali, Poso, Sigi, dan Banggai Kepulauan.

Pemberian penghargaan itu diberikan langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ma’mun Amir.

“Rembuk stunting hari ini merupakan tindak lanjut pelaksanaan aksi ke-3 pada 8 aksi konvergensi percepatan penurunan stunting sekaligus sebagai bentuk pengendalian pelaksanaan konvergensi tingkat provinsi oleh pemerintah Prov Sulteng,” kata Wagub Sulteng.

Wagub Sulteng berharap, dengan pemberian penghargaan ini dapat memberikan motivasi, sekaligus dukungan bagi seluruh pemerintah Kabupaten/Kota untuk menurunkan prevalensi stunting dan ikut berperan serta mencapai angka stunting Indonesia satu digit tahun 2024.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Subdit Kesehatan SUPD III, Ditjen Bina Bangda, Arifin Effendy Hutagalung, dalam paparannya menyampaikan bahwa,

8 aksi konvergensi menjadi Instrumen dalam bentuk kegiatan Pemerintah Kabupaten/Kota. Hal tersebut sebagai upaya untuk memperbaiki manajemen penyelenggaraan pelayanan dasar agar lebih terpadu dan tepat sasaran.

“Serta mengoordinasikan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan percepatan penurunan Stunting, terutama untuk kegiatan rembuk stunting dan pemberian penghargaan bersama secara lintas sektor di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota,” ujar Arifin Effendy Hutagalung saat menghadiri acara tersebut secara daring.

Arifin juga berharap, agar Pemerintah Daerah Provinsi dan kabupaten/kota mengambil langkah-langkah untuk  peningkatan kualitas pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi, guna mencapai target nasional prevalensi stunting 14% pada tahun 2024 sesuai dengan RPJMN Tahun 2020-2024.

Sebagai informasi, acara tersebut berlangsung di Kantor Bappeda Sulteng yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Kepala Bappeda Sulawesi Tengah, Bupati dan Walikota se-provinsi Sulteng, perwakilan BKKBN Sulteng, Ketua TP PKK Sulteng dan tim penilai penurunan stunting di provinsi Sulawesi Tengah.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + 1 =