‘Perkiraan’ Ilmuwan ALBERT EINSTEIN Dalam Suratnya 70 Tahun Silam ‘Terbukti Benar’

AUSTRIA | Faktadetail.com – Ilmuwan termasyhur, Albert Einstein menulis sebuah surat tertanggal 18 Oktober 1949 ditujukan kepada seorang peneliti yakni Glyn Davys. Surat tersebut berisikan pemikiran Einstein tentang persepsi hewan.

Albert Einstein mengatakan dalam suratnya kepada Davys, tentang pentingnya penelitian terkait fenomena migrasi burung. Menurut Albert Einstein, fenomena ini merupakan hal yang spesial karena berkaitan dengan sesuatu yang tidak diketahui.

“Dapat dipikirkan bahwa penyelidikan tentang perilaku burung migran dan merpati pos suatu hari nanti dapat mengarah pada pemahaman tentang beberapa proses fisik yang belum diketahui,” tulis Albert Einstein sebagaimana dikutip dari Science Alert Senin, ( 1 Mei 2023 ).

70 tahun setelah surat tersebut ditulis, perkiraan Einstein terbukti benar. Sebab, ilmuwan masa kini mengungkapkan bukti bahwa burung dapat merasakan kekuatan magnet bumi dengan memanfaatkan fotoreseptor si burung.

Sebagaimana diketahui, fotoreseptor pada burung sensitif terhadap perubahan medan magnet. Inilah yang menyebabkan semua jenis burung dapat bermigrasi ribuan kilometer tanpa tersesat.

Selain burung, sejumlah hewan lain seperti Kura-kura laut, Anjing, dan Lebah, juga menunjukkan kemampuan luar biasa untuk merasakan medan magnet planet Bumi.

“Sungguh menakjubkan bahwa (Albert Einstein) memahami kemungkinan ini, beberapa dekade sebelum bukti Empiris mengungkapkan bahwa beberapa hewan memang dapat merasakan medan magnet dan menggunakan informasi semacam itu untuk navigasi,” tulis para peneliti di The Hebrew University of Jerusalem pada tahun 2021, tempat surat itu disumbangkan.

Albert Einstein memiliki beberapa petunjuk awal untuk memandu pemikirannya. Pada saat surat itu ditulis, Ilmu Biologi dan Ilmu Fisika mulai melengkapi satu sama lain dan tidak terpisah seperti sebelumnya.

Saat itu, Ekolokasi Kelelawar baru ditemukan dan Teknologi Radar mulai menemukan akarnya.

Davys sendiri dketahui sebagai ilmuwan yang meneliti bidang Teknologi Radar tersebut. Karena itulah yang memungkinkan Albert Einstein tertarik berdiskusi dengan Davys mengenai perilaku hewan, bila disimak dari isi suratnya.

Editor : Budiman S Faktadetail.com

Pos terkait