Presiden Jokowi Harap Sail Teluk Cendrawasih Dorong Pengenalan Budaya Dan Alam Papua

Presiden Jokowi memberi sambutan di Puncak Acara Sail Teluk Cenderawasih Tahun 2023, di Kawasan Pantai Semau, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Kamis (23-11-2023). (Foto- BPMI Setpres)

Memiliki Kekayaan Alam berlimpah, memiliki Ekosistem Laut paling kaya di Indonesia

BIAK, PAPUA | Faktadetail.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa Papua merupakan beranda Indonesia di Kawasan Pasifik yang memiliki kekayaan alam berlimpah, salah satunya Teluk Cenderawasih yang memiliki ekosistem laut paling kaya di Indonesia. Oleh karenanya Presiden berharap melalui acara Sail Teluk Cenderawasih Tahun 2023, potensi-potensi tersebut dapat diperkenalkan lebih luas lagi.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam sambutannya di Puncak Acara Sail Teluk Cenderawasih Tahun 2023, yang digelar di Kawasan Pantai Semau, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, pada Kamis (23/11/2023).

“Kita harapkan dengan adanya Sail Teluk Cenderawasih, budaya, tarian, musik, produk-produk lokal Papua dapat diperkenalkan ke level nasional dan bahkan ke level internasional, ke level global,” ucap Presiden.

Lebih lanjut, Presiden menilai bahwa acara Sail Teluk Cenderawasih tersebut juga dapat mendorong jumlah wisatawan hingga menumbuhkan minat investor untuk berinvestasi di Papua.

“Ini akan mendorong jumlah wisatawan, akan mendorong event creator, akan mendorong minat investor untuk datang dan memajukan tanah Papua,” imbuhnya.

Dalam akhir sambutannya, Kepala Negara berharap agar kegiatan tersebut dapat terus dilaksanakan dan ditingkatkan agar selanjutnya masyarakat Papua dapat lebih merasakan manfaat yang berkelanjutan.

Event yang sangat baik ini bisa diteruskan, bisa ditingkatkan kreativitasnya, inovasinya, dan juga keterlibatan masyarakat, keterlibatan UMKM kita sehingga masyarakat di Papua bisa merasakan manfaatnya dari tindak lanjut setelah event ini berakhir,” tandasnya.

Turut mendampingi Presiden yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar, Pj Sekda Provinsi Papua Derek Hegemur, dan Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap. (BPMI SETPRES)

Pos terkait