10 Penyebab Sakit Kepala di Pagi Hari, Mendengkur hingga Suka Menggertakkan Gigi

Faktadetail.com – ANDA sering sakit  kepala di pagi hari? Apa itu saat baru bangun tidur, atau di sela-sela saat sedang bersiap memulai aktivitas?

Silakan perhatikan sebagai berikut, jika Anda salah satu yang sering sering sakit kepala di pagi hari, ingatlah bahwa Anda tak sendirian mengalami yang demikian. Pasalnya, kira-kira 1 dari setiap 13 orang ternyata mengalami sakit kepala di pagi hari.

Sakit kepala ini biasanya lebih banyak menyerang wanita daripada pria dan paling sering terjadi pada orang berusia antara 45 dan 64 tahun. Tapi kira-kira hal apa saja  yang menjadi  penyebab sakit kepala di pagi hari ? Berikut ini, dilansir dari laman resmi Sleep Foundation, 29/4/2023 yang sudah ditinjau secara medis oleh Dr. Anis Rehman.

1. Sleep Apnea : Orang dengan Obstructive Sleep Apnea (OSA) mengalami gangguan atau berhenti bernapas saat tidur. OSA mempengaruhi antara 2 hingga 9 persen orang dewasa. Nah, mengalami sakit kepala di pagi hari adalah gejala umum dari Sleep Apnea atau gangguan tidur.

Meskipun penyebab pasti dari sakit kepala akibat Sleep Apnea ini tidak jelas, hal ini sering dikaitkan dengan dengkuran yang keras.

2. Mendengkur : Memang tak semua orang yang mendengkur mengalami Sleep Apnea. Namun, mendengkur saja bisa menjadi penyebab banyak sakit kepala di pagi hari. Dari suatu penelitian yang melibatkan 268 orang yang sering mendengkur, 23,5 persen diketahui sering terbangun dengan sakit kepala di pagi hari.

3. Kurang tidur dan Insomnia : Ini adalah penyebab umum sakit kepala di pagi hari, penderita Insomnia juga beresiko tinggi mengalami sakit kepala di pagi hari.

4. Gangguan Irama Sirkadian : Pengidap gangguan Ritme Sirkadian lebih sering mengalami sakit kepala di pagi hari daripada orang non gangguan Ritme Sirkadian. Mengingat gangguan Ritme Sirkadian berkembang ketika tubuh tidak selaras dengan ritme tidur-bangun standar dalam siklus 24 jam. Ketidak seimbangan inilah yang bisa bikin kurang tidur dan akhirnya memicu sakit kepala saat bangun tidur.

5. Kelebihan tidur : Layaknya kurang tidur, kebanyakan tidur atau dengan kata lain terlalu banyak tidur juga bisa bikin sakit kepala di pagi hari.

6. Migrain : Sakit kepala berulang sedang hingga parah ini sering terjadi di pagi hari, umunya dimulai sebagai sakit kepala lalu berkembang lebih parah dalam intensitas nyeri.

7. Menggertakkan Gigi : Istilahnya Grinding Teeth. Bahasa medisnya Sleep Bruxism. Kebiasaan menggemertakkan atau mengatupkan gigi saat tidur, bisa membuat seseorang terbangun dengan sakit kepala. Gerakan yang kuat dan berlebihan ini juga menyebabkan keausan gigi, nyeri otot, dan kerusakan gusi.

8. Postur dan Posisi tidur : Postur tubuh dan posisi tidur yang salah bisa menyebabkan ketegangan, Berpotensi memicu kurang tidur dan sakit kepala. Makanya penting pilih dan pakai bantal yang mendukung atau mengubah posisi tidur.

9. Mabuk : Bukan rahasia lagi kalau Hangover memang bikin sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari. Alkohol mempengaruhi tidur dan dapat menyebabkan sakit kepala di pagi hari. Minuman beralkohol memang bikin cepat tidur, tapi kemungkinan tidur akan terganggu dan jadi sering bangun lebih awal. Selain itu, alkohol bisa menjadi pemicu penyaki Migrain.

10. Konsumsi obat atau suplemen tertentu : Sakit kepala juga bisa jadi efek samping dari pemakaian beberapa obat bebas dan obat resep. Obat-obatan yang bisa menyebabkan sakit kepala, mulai dari Opioid, Triptan, Obat Anti Inflamasi Non Steroid (NSAID), Aspirin, Asetaminofen/parasetamol, hingga obat anti Anxiety.

Tim Redaksi  Faktadetail.com

Pos terkait