banner 728x250
Ragam  

Arus Balik Lebaran Terminal Proyek Merican, Banjarnegara Ramai Penumpang.

banner 120x600
banner 468x60

Banjarnegara | Faktadetail.com – Terminal proyek Merican, Banjarnegara pada musim mudik lebaran Hari Raya Idulfitri alias pulang kampung, barang pasti tren merupakan tradisi bagi masyarakat banjarnegara
“Para perantau tentunya sangat menunggu-tunggu momen mudik lebaran karena bisa pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga saling lepas rindu dan bermaaf maaf an dengan sanak keluarga tercinta dalam keceriaan di Hari Raya. Tidak peduli walau harus berdesak desakan untuk mendapatkan kursi  demi pulang merayakan Hari Kemenangan di kampung halaman, sebagaimana ramainya pemudik terpantau di Terminal Marican Selasa (25/04/2023).

Untuk menyambut momen itu (lebaran), biasanya para pemudik akan menggunakan berbagai jenis  transportasi Bus Kupu-Kupu Ayu dan Dieng Indah dan Bus lainnya untuk mudik ke kampung halamannya di wilayah Marican dan sekitarnya di Daerah Banjarnegara.

banner 325x300

“Seperti halnya Riyan  (37), warga masyarakat Banjarnegara, Tangerang bersama keluarga diantaranya dua buah hatinya hendak mudik lebaran di rumah ibunya di Kampung Tangerang, Kabupaten Banjarnegara. Dengan menggunakan transportasi Bus Kupu-Kupu Ayu – Dieng Indah.

Riyan Bapak dua anak ini yang sehari-hari bekerja sebagai buruh di salah satu pabrik  di daerah Tangerang, Banten.Dia menceritakan sudah selama enam tahun ini, belum pernah mudik di kampung tempat kelahirannya di Kabupaten Banjarnegara.

Riyan  melakukan perjalanan mudik dengan membawa dua orang anaknnya melalui jalan darat secara mengecer  menggunakan moda transportasi bus.

“Karena saya sudah kangen sama ibu Apalagi orang tua saya tinggal satu, ya hanya ibu ini aja. Saya sangat kangen, Sudah enam tahun saya tidak mudik dan ketemu sama ibu di kampung, ujar Riyan.

Riyan mengatakan kepada awak media  saat beristirahat dan menjaga anaknya yang sedang tertidur di ruang agen bus Kupu-Kupu Ayu di loket Dieng Indah.

Seandainya pun  tidak menggunakan kendaraan bus Kupu-Kupu Ayu, Bus apapun itu akan dilakukannya asalkan bisa pulang kampung bertemu dengan ibunya.

“Ya mudik ini, mengecer saja masa naik angkutan umum bus. Berangkat dari rumah itu sore tadi sekitar jam 16.30 WIB. Lalu naik Bus Dieng indah, Tangerang sekitar jam 04.30 WIB,” kata Riyan.

Riyan menuturkan bersama dua anaknya sengaja menunggu  Bus  di tempat yang sudah disediakan di Terminal Proyek Merican Banjarnegara, selanjutnya besok hari melanjutkan perjalanan menuju ke rumah orangtuanya karena  sudah larut malam.

Sebelumnya Ia sempat ingin mengurungkan niatnya untuk mudik dan bertemu dengan ibunya di kampung halaman pada musim mudik ini.

“Memang sempat bingung tadinya karena memang saya nggak tahu sama sekali cara beli tiketnya melalui Agen Haris Sugeng Rahayu, cerita Riyan.

Saya nekat saja berangkat, cerita Riyan, begitu sampai di terminal proyek Merican, Banjarnegara ada orang yang membantu dan saya minta tolong sama orang itu untuk belikan tiketnya di agen Haris Sugeng Rahayu itu,” ungkapnya.

Bukan hanya Riyan yang mengalami cerita yang demikian, ada juga pemudik lain, terpantau awak media di agen Kupu-Kupu Ayu terminal Marican, Banjarnegara.

Umunya mengatakan mudik, karena kerinduan untuk segera bertemu dengan keluarganya di daerah Banjarnegara, Jawa Tengah.

“Berangkat dari Jakarta tanggal 18 April kemarin, perkiraan nyampek disana (Banjarnegara) esok hari,semalam lagi hingga sampai di Kampung halaman.

Penudik lainnya, Febriansyah, becerita nekat dilakoninya  perjalanan mengecer transportasi, karena sangat rindu ingin bertemu dengan keluarganya yang ada di Banjarnegara.

“Ya kangen sama keluarga di Banjarnegara. Kebetulan juga, sekarang ini bebas mudik dan sudah tidak ada lagi larangan dari pemerintah akibat pandemi Covid-19 belum lama ini,” kata dia.

Di terminal Projek Merican Banjarnegara selalu ada Agen Sugeng Rahayu Banjarnegara – Surabaya dan melayani bus Jabodetabek Kupu-Kupu Ayu & Dieng indah, 0812-2995-2437 Atas Nama Haris melayani pemudik atau penumpang.

Rudolfsiva

Editor : Budiman S   Faktadetail.com

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

46 − 37 =