Babinsa Dorong Peran Linmas Di Wilayah RT/RW

SRAGEN | Faktadetail.com – Meski terkadang dipandang sebelah mata, namun peran Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) sangat berarti. Terutama dalam hal pertahanan dan keamanan di wilayah lingkungan RT/RW. ( 11/09/2023 )

Sertu Wiyono Babinsa Desa Cemeng Anggota Koramil 09/Sambungmacan Kodim 0725/Sragen melaksanakan komunikasi sosial dengan Anggota Linmas di Desa Cemeng Kecamatan Sambungmacan, Sragen.

Bacaan Lainnya

Menurut Sertu Wiyono, peran Linmas tidak hanya keamanan, tetapi juga masalah ketahanan. Namun tidak bisa berdiri sendiri, karena melibatkan unsur lainnya, seperti TNI-Polri.

“Saya berharap Linmas juga ikut aktif Jika menemukan hal-hal yang menonjol, segera laporkan kepada RT/RW. Sekaligus laporan Babinsa/Babinkamtibmas,” bebernya.

Wiyono juga berpesan agar Linmas tidak terpengaruh hoaks. Dia meminta Linmas bisa menyaring kebenaran informasi. Sebab efektivitas deteksi dini menjadi hal utama .

Wiyono menyampaikan, kerawanan sosial memang penyebab terjadi Konflik. Seperti kesenjangan sering menjadi pemicu konflik di masyarakat. Untuk itu, ia meminta Linmas memiliki deteksi dini.

“Karena sebagai garda terdepan di wilayah. Harus temu cepat dan lapor cepat. Linmas juga harus melibatkan partisipasi masyarakat,” seru Babinsa.

Selain itu, Linmas juga harus berkolaborasi dengan Babinsa dan Babinkamtibmas. Sekaligus, bekerjasama dengan pemerintah desa. Supaya keamanan terjamin.

Pos terkait