Dandim 0613/ Ciamis Tinjau Sasaran Karya Bhakti TNI Didaerah Akibat Kemarau Panjang

CIAMIS | Faktadetail.com – Dandim 0613/Ciamis Tinjau Lokasi Rencana Karya Bakti Normalisasi Irigasi  dan Pemasangan Pipa air demi Mengoptimalkan Potensi Pertanian dan Lingkungan Berkelanjutan yang terancam Akibat dampak Kemarau. (2/9/2023).

Bacaan Lainnya

Komandan Kodim (Dandim) 0613/Ciamis, Letkol Inf  Wahyu Alfiyan Arisandi,S.I.P, M.I, Pol. bersama dengan Kepala Dusun Sukajaya  melaksanakan kunjungan ke lokasi rencana karya bakti normalisasi irigasi serta pemasangan pipi air yang direncanakan akan dilaksanakan di Dusun Sukajaya RT. 22 RW.11 Desa Tanjung Jaya Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan persiapan yang matang dalam upaya meningkatkan potensi pertanian dan menjaga keberlanjutan lingkungan. Ciamis, Jumat kemarin (01/09/2023)

Dalam kunjungan tersebut, Letkol Inf  Wahyu Alfiyan Arisandi,S.I.P, M.I, Pol. Didampingi Pasiter Kodim, Danramil 1312/Cisaga, Babinsa , Babinkamtibmas, kepala Desa tanjung serta Adm PTPTN VIII Batulawang serta masyarakat, berdiskusi dengan perwakilan petani, ahli pertanian, dan pihak terkait lainnya untuk merumuskan rencana normalisasi irigasi yang lebih rinci. Rencana tersebut mencakup pemetaan ulang saluran air, pemasangan pipa paralon, serta pengelolaan sumber daya air yang lebih efisien  guna mencegah dampak musim kemarau yang panjang.

Dandim 0613/Ciamis menjelaskan, “Rencana karya bakti TNI  berupa  normalisasi irigasi ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk mendukung pertanian yang lebih produktif dan berkelanjutan. Dengan merancang langkah-langkah yang tepat, kita dapat memastikan bahwa pengelolaan air yang baik akan memberikan dampak positif bagi petani dan lingkungan sekitar.”

Rencana normalisasi irigasi ini juga diarahkan untuk menghadapi perubahan cuaca dan lingkungan yang semakin dinamis. Dengan mengoptimalkan sistem irigasi, diharapkan petani dapat mengatasi tantangan seperti kekeringan atau banjir yang dapat memengaruhi hasil panen.

Pemerintah daerah dan masyarakat setempat juga memberikan dukungan positif terhadap rencana karya bakti ini. Mereka menyadari bahwa kolaborasi dalam mengelola sumber daya air merupakan langkah strategis untuk menciptakan ketahanan pangan dan lingkungan yang berkelanjutan. (Pendim 0613/Ciamis)

 

Pos terkait