Kemenhub Tegur Pengelola Bandara Kualanamu Usai Insiden Wanita Tewas Terjatuh dari Lift

Jakarta | Faktadetail.com – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara buka suara terkait insiden yang menewaskan seorang wanita bernama Aisyiah Sinta Dewi Hasibuan (38) di lift Bandara Kualanamu, Deli Serdang jasadnya ditemukanp 27 April 2023 lalu.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni mengatakan, pihaknya telah menerima informasi (30/4/2023) lalu mengenai insiden ditemukan mayat di Lift Bandara Kualanamu. 

Pihak Ditjen Perhubungan Udara juga sudah berkomunikasi dengan PT. Angkasa Pura Aviasi selaku penanggungjawab tunggal operasional di Bandara Kualanamu. “Kami sudah berbicara dengan pihak penanggung jawab Operasional Oandara dalam hal ini Angkasa Pura Aviasi,” kata M. Kristi Endah Murni, dalam keterangannya, 30/4/2023. “Saya perintahkan agar lebih meningkatkan lagi aspek Keselamatan, Keamanan, dan Kenyamanan di Bandara serta segera melakukan perbaikan pada fasilitas yang mengalami kerusakan,” tambah KM. Kristi Endah Murni.

Lebih lanjut H Kristi Endah Murni bilang, Kemenhub juga telah mengirimkan surat teguran kepada PT. Angkasa Pura Aviasi yang berkewajiban memastikan Keselamatan, Keamanan, dan Pelayanan di Bandara Kualanamu. Selain itu, juga memerintahkan kepada Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II agar lebih meningkatkan pengawasan terhadap pelayanan bandara di wilayah kerjanya sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali. Pada kasus ini, Ditjen Hubud dan juga Angkasa Pura Aviasi menyerahkan proses penyelidikan kepada Polisi Sektor Bandara Kualanamu. Sedangkan untuk proses penanganan korban tersebut dilakukan oleh Polresta Deli Serdang. “Untuk kepentingan keselamatan dan penyelidikan, untuk sementara lift Tempat Kejadian Perkara/TKP (sisi kiri) dan Lift yg berpasangan di sisi kanan tidak difungsikan dahulu sampai penyelidikan selesai,” ucap M Kristi Endah Murni.

Nantinya, Ditjen Hubud akan melakukan evaluasi setelah hasil dari penyelidikan dari polisi sudah keluar dan diketahui penyebabnya.

Insiden Lift bandara Kualanamu Sebelumnya diberitakan, seorang wanita bernama Aisiah Sinta Dewi Harahap (38) ditemukan tewas di Lift Bandara Kualanamu, Deli Serdang, pada Kamis (27/4/2023).

Head of Corporate Communication PT Angkasa Pura Aviasi, Dedi Al Subur, mengatakan, korban ternyata tewas karena jatuh dari lantai 2 Lift Bandara. “Korban sendirian naik lift dari lantai 1 menuju lantai 2 dan tidak ada orang atau pihak lain yang ikut bersama korban di lift, sehingga ketika korban terjatuh dari lift dan berada di bawah di lantai dasar lift, tidak ada orang atau pihak lain yang melihatnya,” ujar Dedi,

Sebelum terjatuh, kata Dedi, awalnya Aisyah Sinta Dewi Hasibuan  menaiki lift yang terdiri dari 2 pintu. Saat itu, Aisyah Sinta Dewi Hasibuan tidak mengetahui bahwa akses masuk dan keluar dari lift berbeda saat sampai lantai tujuan. “Hasil rekaman CCTV korban membelakangi pintu akses keluar yang sudah terbuka, kemudian pintu lift tertutup kembali, di mana hal itu tidak diketahui oleh korban, karena posisi korban membelakangi pintu akses keluar lift,” ujar Dedi.

Setelah pintu keluar tertutup, Aisyah Sinta Dewi berusaha keluar dari pintu Lift yang berada di hadapannya, dengan cara memencet tombol pintu dan juga memaksa membuka kedua sisi pintu lift. “Ketika pintu lift terbuka, korban melangkah dan langsung terjatuh dan masuk dalam lorong (di depan pintu) lift, sampai di bawah dasar lantai lift, sehingga petugas atau pengguna jasa bandara lainnya ketika menggunakan lift yang dimaksud tidak melihat adanya korban,” ujar Dedi. 

Ditenegaskan bahwa setelah terjatuh, korban tidak tertimpa lift. “Lift tidak menimpa tubuh korban, karena tubuh korban masuk dalam kolong atau ruang kosong di bawah lantai lift,” kata Dedi.

Tim Redaksi

Faktadetail.com

Pos terkait