KH. Prof. Dr. Husnan Bey Fananie, M A, Mantan Duta Besar RI di Azerbaijan : Niat Bupati Bangka Selatan Baik Beri Ke Saya Rp.50 Juta, Sumbangkan Saja Ke IKPM GONTOR BABEL

KH. Prof. Dr. Husnan Bey Fananie, M A, Mantan Duta Besar RI di Azerbaijan
KH. Prof. Dr. Husnan Bey Fananie, M A, Mantan Duta Besar RI di Azerbaijan

BANGKA SELATAN, BANGKA BELTUING | Faktdatail.com – Ikatan Keluarga Pondok Modern Darussalam Gontor Cabang Bangka Belitung ( IKPM GONTOR Babel ) menyelenggarakan acara Family Gathering. Yang dilangsungkan hari Sabtu, 20 Mei, sampai Ahad  21 Mei 2023. Dihadiri Mantan Duta Besar Azerbaijan, KH. Prof. Dr. Husnan Bey Fananie, M A. dikenal cucu dari Tri Murti Gontor (20 – 21 Mei 23).

Prof. Dr. Husnan Bey Fananie, M A. merupakan juga cucu dari Alm. KH. Zainuddin Fannanie selaku pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG). Prof. Husnan Bey Fananie pernah menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Azerbaijan pada tahun 2016 sampai 2020.

Kehadirannya dalam acara Family Gathering ini seakan mengingatkan kembali kenangan indah bagi mereka yang pernah menempuh Pendidikan di Pesantren/Kampus Gontor.

Acra Family Gathering Hari pertama berlangsung di Pondok Modern Darul Abror Kace, dilanjut ke Madania Centre, berlanjut lagi ke Pondok Modern Darul Istiqomah Air Gegas. Pada malam hari pertama ada sesi bincang santai di Pantai Toboali. Di Toboali, Rombongan Prof. KH. Husnan Bey Fananie disambut oleh Bupati Bangka Selatan serta Wakilnya yang hadir di tempat acara.

Bupati Bangka Selatan (Basel), Riza Herdavid, S.T adaah salah satu wali santri, menyekolahkan anaknya di Pondok Modern Darul Abror Kace, yang termasuk Pondok Alumni Gontor. Maka dari itu, Bupati Basel pun ikut bersyukur atas kehadiran bagian dari keluarga besar Pesantren Gontor.

Reza Heravid, dalam sambutannya, menyampaikan permintaan do’a untuk kebaikan Masyarakat serta jajaran Pemerintah Daerah Bangka Selatan. “Saya merasa bersyukur akan kedatangan kiyai dan beruntung bisa melayani kiyai Husnan. Kami berharap kiyai dan para ustadz alumni gontor dapat mendoakan keberkahan bagi kami” Ucapnya

Sebagai bentuk kesyukurannya, Bupati Bangka Selatan menyampaikan bahwa ia ingin memberi uang sejumlah Rp50 Juta untuk sang Kiyai. Kemudian dalam sesi penyampaiannya, KH. Husnan Bey Fananie menanggapi niat baik Reza Herdavid. “Untuk uang 50 juta tersebut, supaya disumbangkan kepada pengurus IKPM GONTOR Bangka Belitung, agar bisa lebih bermanfaat untuk Kas IKPM Babel. Terimakasih atas niat baiknya” Amanah KH.Prof.Dr. Husnan Bey Fananie, MA kepada Bupati Basel Riza Herdavid, S.T.

KH.Prof.Dr. Husnan Bey Fananie, MA bukan bermaksud untuk menolak pemberian Bupati Basel, tapi agar kebermanfaatan dan keberkahannya juga mengalir melalui IKPM GONTOR BABEL.

Dalam hal ini, KH. Husnan ingin mengingatkan dan memberikan contoh panutan dan pelajaran kepada para Alumni Gontor. Bahwa Gontor memang telah mengajarkan , manusia tidak boleh meminta-minta kepada mahluk. Kalaupun Allah menitipkan rezeky melalui orang  yang mau menyumbang, boleh saja diterima, selama tidak ada unsur dan kepentingan apapun. Karena Pesantren Gontor dibantu karena telah Maju, bukan Maju karena dibantu, ujar KH.Prof. Husnan

Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid, S.T
Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid, S.T

Di sisi lain, Reza Herdavid juga telah menyampaikan bahwa ia sangat takzim kepada KH. Prof. Husnan dan siap mengikuti apapun yang menjadi dawuh ataupun nasihat kiyai.

Acara hari kedua,Ahad, 21 Mei adalah puncak kegiatan Acara family gathering IKPM GONTOR BABEL. Alumni Gontor  sejak pagi datang dari berbagai daerah di Provinsi Bangka Belitung saling bercengkrama dan dilanjutkan makan bersama atau biasa disebut tajamuk dan ngopi bareng. Berlanjut ke acara Sharing Session bersama KH. Prof. Husnan, mantan Duta Besar RI di Negara Azerbaijan..

Prof Dr. Husnan Bey Fananie berkisah tentang perjalanan panjang akan perjuangan Pesantren Gontor. Ia menjelaskan bahwa Pesantren Gontor bisa bisa tetap eksis sampai dengan umur yang ke 100 tahun atau 1 abad, bukanlah hal yang mudah. Tapi ada banyak ujian yang telah dihadapi. “Sebagai alumni PM Darussalam Gontor, kita semua harus selalu ingat akan pesan dan nilai moral yang telah didapatkan. Keberadaan kita di masyarakat harus memberikan dampak positif untuk maslahat” Ajak KH. Husnan.

“Isy kariiman au mut syahiidan, hidup mulia atau mati syahid merupakan moto yang perlu tertanam selalu dalam diri kita. Agar segala yang kita lakukan lebih bermanfaat dan tidaklah sia-sia” imbuhnya.

IKPM GONTOR Babel menyelenggarakan acara Family Gathering
IKPM GONTOR Babel menyelenggarakan acara Family Gathering

“Saya doakan yang terbaik untuk seluruh Pondok Pesantren di Bangka Belitung ini. Khususnya Pesantren Alumni Gontor, semoga bisa terus Istiqomah dalam mensyiarkan agama Allah, semoga terus berkembang dan maju” Ujar Kiyai Husnan dalam doanya.

Kiyai Husnan sangat berkesan, akan pelaksanaan acara selama di Bangka Belitung. Ia mengapresiasi seluruh tuan rumah (Pesantren) yang dikunjungi, dan tentunya Panitia acara dari IKPM Gontor wilayah Bangka Selatan yang sangat luar biasa. Semua agenda acara terlaksana dengan baik,

Ust. Edduar Setiawan selaku ketua IKPM Gontor Bangka Belitung berharap acara ini makin menambah semangat perjuangan dan menjadikan lebih Cinta terhadap Almamater Gontor. Semoga Semua ini, menjadi Amal Jariyah untuk Tri Murti serta seluruh guru dan elemen terkait dengan Pondok Modern Darussalam Gontor, pungkas Ust. Edduar Setiawan.

Pos terkait