Persiapkan Gerbangdutas, BNPP Akan Terjunkan Tim Sambangi Pulau Terluar


JAKARTA | Faktadetail.com – Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) akan kembali menggulirkan sejumlah program dan bantuan dalam Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) di di Maluku Barat Daya (MBD) pada 30-31 Mei 2023 mendatang. Dalam rangkaian kunjungan kerja tersebut, BNPP juga berencana menyambangi salah satu dari 6 Pulau-Pulau Kecil Terluar di MBD.

Sekretaris BNPP, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, menjelaskan Indonesia memiliki total 111 PPKT. Salah satu pulau yang menjadi fokus Gerbangdutas untuk disambangi adalah Pulau Meatimiarang yang secara adminsitratif masuk ke Desa Luang Barat, Kecamatan Mdona Hiera.

Pulau ini ada di Laut Timor dan berbatasan dengan wilayah perairan Timor Leste dan Australia.

“Kami berencana menerjunkan tim untuk memantau segala teknis perkembangan, kesiapan infrastruktur dan fokus yang menjadi pembenahan di pulau tersebut, termasuk yang menjadi atensi dari Satuan Tugas pengamanan pulau terluar ( Satgas Pamputer),” jelas Zudan, Jumat (28/4/2023).

Zudan menerangkan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, selaku Ketua Pengarah BNPP dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian selaku Kepala BNPP juga direncanakan akan turun langsung ke sana.

Menurut Mendagri Tito, lanjut Zudan, hal tersebut akan membuat penguatan daerah perbatasan dan memperkuat pertahanan dan nasionalisme.

“Hal itu akan sekali lagi mengukuhkan negara hadir di perbatasan, dan menguatkan nasionalisme warga, dan memotivasi Satgas Pamputer yang bertugas” jelas Tito seperti yang disampaikan Zudan.

Zudan juga memaparkan, dalam sejumlah rangkaian Gerbangdutas, BNPP juga berusaha meningkatkan pengembangan ekonomi masyarakat berbasi potensi lokal untuk ketahanan pangan. Yakni pemberdayaan dan pendampingan proyek embung, peningkatan agribisnis pangan lokal rumput laut, dan gula merah dengan bahan dasar air pohon nira, pengembangan ternak kerbau dan tenun ikat, dam lain-lain.

“Kami juga berpikir untuk bagaimana membantu menjajakan dalam e-commerce untuk keberlanutan pengembangan pangan lokal dan ekonomi kreatif, dan bagaimana merangsang investasi untuk keberlanjutan hulu dan hilir,” tambah Zudan.

Sebagai informasi, 6 Pulau PPKT di MBD yang berpenduduk adalah Pulau Meatimiarang, Pulau Leti, Pulau Kisar, Pulau Wetar, Pulau Lirang dan Pulau Masela.

Pulau Meatimiarang seluas 13,29 meter persegi belum memiliki dermaga atau pelabuhan untuk kapal laut besar bersandar karena dikelilingi karang yang cukup luas.  (Humas BNPP)

Mas Husnie

Editor : Budiman S   Faktadetail.com

Pos terkait