Pos Palapasang Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 16/TK Bantu Pemakaman Warga Desa Palapasang

SANGGAU | Faktadetail.com – Wujud kepedulian terhadap warga binaannya yang mengalami kedukaan, Pos Palapasang Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 16/TK membantu prosesi pemakaman salah seorang warga perbatasan yang meninggal dunia mulai dari awal sampai dikebumikan ke tempat pemakaman, bertempat di Desa Palapasang ,Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Provinsi  Kalimantan Barat.

Demikian disampaikan Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 16/TK, Mayor Arm Andreas Prabowo Putro, S.I.Pem., M.I.P., M.Han dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau. Selasa, (12/12/2023).

Bacaan Lainnya

“Personel Pos Palapasang Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 16/TK yang mengikuti prosesi pemakaman dipimpin oleh Danpos Letda Arm Sugeng Prayetno beserta 4 (empat) orang anggota,” ujar Dansatgas.

Dansatgas mengatakan, selain dalam tugas pokok menjaga Perbatasan Rl-Malaysia mencegah masuknya barang-barang illegal dan mencegah masuknya narkotika dari negara tetangga, Satgas Pamtas juga mempunyai tugas kemanusiaan yang termasuk di dalam program pembinaan teritorial (BINTER) terhadap wilayah binaan pos-pos jajarannya, salah satunya adalah membantu terhadap warga yang mengalami kesusahan, sedang mengalami musibah ataupun kedukaan seperti saat ini.

Dikatakannya bantuan tersebut dilakukan setelah anggotanya mendapatkan informasi bahwa di daerah binaan posnya ada salah seorang warga yang meninggal dunia di Desa Palapasang tersebut.

Lebih lanjut dikatakannya, menindaklanjuti hal tersebut untuk meringankan beban keluarga dan sekaligus turut berbela sungkawa terhadap keluarga, personel Pos Palapasang mendatangi rumah duka tersebut dan ikut membantu prosesi pemakaman warganya dari awal sampai dikebumikan ke tempat pemakaman.

“Kegiatan seperti ini, merupakan bentuk kepedulian dan upaya TNI dalam hal ini Satgas Pamtas Yonarmed 16/TK untuk senantiasa mendekatkan diri dengan masyarakat perbatasan, sehingga terwujud hubungan yang harmonis dan komunikasi yang baik, sehingga dapat terciptanya kemanunggalan TNI dan Rakyat yang sudah baik agar lebih baik lagi,” (Armed 16/TK)

 

 

Pos terkait