banner 728x250

Banjir Bandang di Kab.Luwu , 2 Kecamatan Terendam, Rumah Warga Rusak Dihantam Banjir

banner 120x600
banner 468x60

LUWU, Sulsel | Faktadetail.com – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan,  menerjang 2 Kecamatan yakni Kecamatan Bajo Barat dan Kecamatan Suli, Kabupaten Luwu ProvinsibSulawesi Selatan.

Banjir Bandang terjadi akibat meluapnya Sungai Suso Bajo Barat setelah diguyur hujan deras dan meluas hingga Kecamatan Suli dengan ketinggian banjir lebih dari 1 meter.

banner 325x300

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu, Alamsyah mengatakan, banjir mulai terjadi sejak pukul 16.15 Wita.

“Hujan deras yang terjadi di daerah hulu Kecamatan Latimojong mengakibatkan banjir di beberapa Desa di  Kecamatan Bajo Barat dan Suli,” kata Alamsyah, Minggu (2/4/2023).

BPBD Luwu tengah melakukan penanganan dengan menurunkan sejumlah personel tim reaksi cepat (TRC) ke lokasi banjir.

“Kami telah menurunkan tim reaksi cepat  untuk melakukan penanganan di lokasi, personel kami sudah turun untuk memantau kondisi air di sana sejak sore, personil BPBD berpencar, memantau di lokasi yang terdampak di Kecamatan Suli karena di sana juga banjir kiriman dari Sungai Suso Bajo Barat,” ucap Alamsyah.

Menurut  Alamsyah, kejadian banjir tersebut menerjang 4 desa di Bajo Barat terendam banjir dan 4 rumah warga rusak dihantam banjir.

“Desa yang terendam yaitu Desa Bonelemo, Marinding, Sampeang, dan Saronda, dengan kerusakan atau dampak yang terjadi akibat banjir untuk sementara ada 4 rumah di Desa Marinding 2 unit rumah, Desa Sampeang 1 rumah, dan Desa Saronda 1 rumah,” ujar Alamsyah.

Alamsyah mengatakan, hingga saat ini BPBD masih melakukan asesmen di lokasi. Data lengkap mengenai jumlah desa, dampak kerusakan, dan kerugian masih dalam pendataan.

“Laporan lengkap belum masuk, tim masih di lapangan, saya monitor terus perkembangan dan saat ini masih terpantau terkendali,” tutur Alamsyah.

Editor : faktadetail.com

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 3 = 1