Berlibur Lebaran, Polres Banjarnegara Perketat Pengamanan semua Obyek Wisata

Banjarnegara  | Faktadetail.com – Polres Banjarnegara memperketat pengamanan tempat pariwisata pasca lebaran 1444 H. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi gangguan kamtibmas di obyek wisata yang tersebar di Wilayah Banjarnegara.

Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto SIK, MH mengatakan, sebelum Hari Raya Idul Fitri 1444 H pengamanan difokuskan pada arus mudik, tempat ibadah, pasar dan terminal, sedangkan mulai H+1 lebaran, pengamanan diperketat di obyek wisata.

“Personel Polres maupun Polsek kita libatkan,  yang tidak ada anggota Polres, dilaksanakan jajaran Polsek di masing-masing wilayah yang ada tempat wisata,” katanya

Kapolres Banjarnegara menuturkan, kegiatan pengamanan ini juga dalam rangka mensukseskan Operasi Ketupat Candi 2023, dimana operasi ini dilaksanakan secara terpusat untuk pengamanan mudik Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H dengan tema mudik aman berkesan.

“Operasi ini akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai tanggal 18 April sampai 1 Mei 2023 dengan mengedepankan kegiatan secara persuasif, preventif yang didukung kegiatan Gakkum, Humas dan bantuan operasi,” katanya

Lebih lanjut Kapolres Banjarnegara mengungkapkan, tempat wisata yang dilakukan pengamanannya diantaranya, Obyek Dataran Tinggi Dieng, Wisata Serulingmas, Surya Yudha Park, The Pikas, Wisata Tampomas, Curuh Pletuk Pagedongan, Curug Pitu Sigaluh, Wisata Pawedenan serta wisata lain yang ada di Wilayah Banjarnegara.

“Sebanyak 217 personel kita terjunkan untuk melakukan pengamanan pusat keramaian, melaksanakan tindakan awal apabila terjadi gangguan kamtibmas,” ujarnya.

Selain itu, petugas juga mengantisipasi agar tidak terjadi kemacetan di lokasi wisata, apabila  ada kemacetan, maka petugas akan melakukan rekayasa lalu lintas.

Kapolres mengimbau, para pengunjung wisata agar tetap hati-hati tehadap tindak kejahatan dan jaga barang bawaan.

“Kita imbau masyarakat saat berwisata tetap jaga diri, barang bawaan dan tetap patuhi peraturan lalu lintas,” pungkasnya.

Rudolfsiva

Editor : Budiman S  Faktadetail.com

Pos terkait