Pembentukan Direktorat Siber Di 8 Polda Masuk Tahap Sosialisasi

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Erdi Adrimulan Chaniago, Rabu (24-1-2024) Foto - dok. Humas Polri.

JAKARTA | Faktadetail.com POLRI tengah melakukan tahap sosialisasi terkait pembentukan Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) di delapan Polda. Pembentukan itu telah disetujui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Hal tersebut diungkapkan Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Erdi Adrimulan Chaniago dikutip dari keterangan resminya, Rabu (24/1/2024).

“Jadi dari Mabes Polri itu, dari kita pusat itu akan menyampaikan keterkaitan dengan rencana pembentukan ini ke beberapa Polda yang akan ditentukan. Jadi sosialisasi,” kata Erdi.

Ia menyebut nantinya ada peraturan-peraturan kepolisian yang akan disiapkan, seperti sumber daya organisasi, sarana prasarana, serta anggaran.

“Iya dalam proses, jadi kita ke depannya akan melakukan harmonisasi itu,” ujar dia.

Seperti diketahui kedelapan Polda yang akan dibentuk Dittipidsiber yaitu Polda Metro Jaya, Polda Sumatera Utara (Sumut), Polda Bali, Polda Jawa Barat (Jabar), Polda Jawa Timur (Jatim), Polda Jawa Tengah (Jateng), Polda Sulawesi Tengah (Sulteng), dan Polda Papua.

“Iya, jadi surat dari Men-PAN itu sudah ada, surat persetujuannya dan itu sekarang dari Polri tinggal untuk menindaklanjuti terkait dengan harmonisasi itu, langkahnya harmonisasi dulu,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, pembentukan Dittipidsiber di delapan Polda telah disetujui Kemenpan RB.

“Penguatan struktur, ada pembentukan Dit Siber di delapan Polda yang kemarin baru saja disetujui Menpan RB,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Pos terkait